BERITA HARI INI

Timsel Buka Pendaftraan Calon Komisioner KPU Gresik


GRESIK-Menjelang berakhirnya jabatan komisioner komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Gresik periode 2009-2014, tim seleksi (Timsel) membuka pendaftaran bagi masyarakat Gresik untuk komisioner KPUD Gresik periode 2014-2019.
"KPUD Gresik berakhir pada bulan Juni dan yang baru akan dilantik 12 Juni ini. Kita membuka pendaftaran mulai hingga 25 April ini,"ujar Ketua Timsel KPUD Gresik, Dr. Abdul Chalik dalam keterangannya, Senin (14/04).
Ditambahkan, pendaftaran tersebut terbuka bagi masyarakat dengan ketentuan minimal berusia 30 tahun dan ber-KTP Gresik. Selain itu, seorang pendaftar tidak terlibat sebagai pengurus partai politik sekurang+kurangnya 5 tahun.
"Pengumunan juga akan kita sebarkan di Kecamatan-kecamatan,"imbuhnya.
Untuk bisa menjadi komisioner KPUD Gresik, pendaftar harus melalui beberapa tahapan. Yakni, lolos seleksi administratif, lolos tes kesehatan, lolos tes tulis maupun tes psikologi.
"Setelah lolos administrasi maupun kesehatan, kita akan umumkan 20 nama yang lolos untuk tes kesehatan, tulis maupun tes psikologi. Lalu, kita saring menjadi 10 besar yang kita serahkan ke KPU Propinsi Jatim untuk dilakukan fit and proper test dalam menentukan 5 orang komisioner nantinya,"imbuh Abdul Chalik.
Ditambahkannya, timsel KPUD Gresik menjamin independensi dalam seleksi komisioner KPUD Gresik periode 2014-2019.
"Kalau 100 persen independen, mungkin tidak bisa. Insya Allah, 99,9 persen, kita independen dalam seleksi ini,"tegasnya.
Setelah terseleksi 20 nama yang lolos, Timsel membuka pengaduan dari masyarakat terkait nama-nama yang lolos.
"Kalau ada pengaduan dari masyarakat terkait seorang calon yang lolos, kita akan tindaklanjuti kebenarannya,"tandasnya.
Adapun anggota timsel untuk menyeleksi calon komisioner KPUD Gresik berdasarkan usulan masyarakat yakni Matrui dengan latar belakang pengusaha, Ir Diana dari akademisi,
Drs M. In'am dari unsur organisasi keagamaan dan Agus Lukman Hidayat dari organisasi masyarakat.(sho)

0 komentar for "Timsel Buka Pendaftraan Calon Komisioner KPU Gresik"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama