BERITA HARI INI

KPPS Pilgub Keluhkan Potongan Pajak


GRESIK-Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Pilgub Jawa Timur mengeluhkan potongan honor dan biaya lainnya. Karena tahun-tahun sebelumnya tidak ada potongan yang berdalih pajak tersebut.
Seperti yang disampaikan Ketua KPPS Pilgub Jawa Timur Desa Randuagung Kecamatan Kebomas, Haris Tri Kurniawan kepada awak media, Selasa (03/09) yang mengatakan, bahwa, pihaknya dibuat kaget dengan adanya potongan tersebut. Apalagi, potongannya tidak hanya untuk honor anggota KPPS, tetapi biaya-biaya lainnya juga dikenakan potongan.
"Biaya sewa tenda, kursi maupun meja juga dipotong pajak. Bahkan, biaya pengangkutan kotak suara dari TPS ke PPS dipotong pajak. Padahal biayanya sedikit," ungkap..
Kurniawan yang juga pegawai perusahaan di Pelabuhan Gresik itu menunjukkan tanda terima rincian honor.
Dalam tanda terima tersebut disebut honor ketua Rp350 ribu, anggota Rp300 ribu dan linmas Rp200 ribu dipotong masing-masing pajak 5 persen.
Lainnya item yang dipotong pajak adalah pengangkutan logistikndari PPS ke TPS sebesar Rp70 ribu dipotong pajak 2 persen. Terakhir biaya sewa tenda, kursi dan meja Rp200 ribu dipotong pajak 2 persen.
"Kami sempat tanya tapi pihak kecamatan tidak tahu. Hanya yang membuat kami bingung adalah kalaupun pajak penghasilan, seingat saya hanya orang penghasilannya di atas Rp30 juta. Lha ini sudah kecil dapatanya tidak sebanding dengan waktunya, la kok dipotong," kata Kurniawan dengan nada kesal.
Komisioner KPUD Gresik, M. Faizin yang ditanya mengaku kalau hal tersebut yang mengetahui persis yakni sekretariat KPUD Gresik.
Sementara itu, sekretaris KPUD Gresik Fahruddin yang dikonfirmasi membenarkan potongan pajak tersebut tidak hanya terjadi di Randuagung, tetapi di Gresik dan bahkan di Jatim. Karena menyesuaikan Permenkeu bahwa pajak ditanggung penerima honor.
"Pihak PPK yang membayarkan ke Kantor Pajak, terus kami yang menerima surat setoran pajak (SSP)," tukasnya.(sho)

0 komentar for "KPPS Pilgub Keluhkan Potongan Pajak"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama