BERITA HARI INI

Warga Hentikan Proyek Pipanisasi PGN


GRESIK-Proyek pipapnisasi gas sepanjang Jalan Brotonegoro Barat dihentikan oleh warga RT X RW XI Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) Desa Suci, Kecamatan Manyar, Jum'at (21/02). Pasalnya, pengalian tersebut tidak didahului sosialisasi. Selain itu, pekerjaan penggalian pipa menganggu warga karena aktifitas dilakukan hingga dini hari.
Awalnya para pekerja menolak berhenti kerja ketika  warga dipimpin Ketua RT X Mudiono memintanya untuk mengehntikan. Akhirnya warga melaporkan ke Mapolsek Manyar dan beberapa personil diturunkan untuk menghentikan galian pipa.
"Kami tidak alergi dengan pembangunan. Namun, karen belum ada sosialisasi, kami minta dihentikan sampai ada sosialisasi dan kesepakatan," ujar Mudiono dengan nada geram..
Ditambahkan, keresahan warga RT X Desa Suci sejak dimulainya penggalian pada Kamis (22/2) pagi. Warga kaget dengan penanaman pipa gas di depan rumahnya yang berjarak 6 meter. Sebab, belum ada
sosialisasi terkait status pipa berdiameter 12 centimeter tersebut. Apakah, pipa gas yang ditanam berbahaya atau tidak bagi masyarakat sekitar.
"Kami juga tidak tahu, pipa itu gas berbahaya atau tidak. Apabila gas berbahaya, kalau ada ledakan, kami yang kena. Ini harus dijelaskan," kata warga lainnya, Bambang dengan geram.
Puncak kemarahan warga terjadi pada Jum'at (21/02) pukul 00.10 WIB. Sebab para pekerja tetap melakukan aktifitas dengan menyalakan dua genset yang suaranya berisik dan mengganggu. Akhirnya, warga meminta para pekerja berhenti. Namun, permintaan tersebut ditolak. Warga yang kesal sudah berancang -ancang bakal menutup paksa. Akhirnya, pekerja menghentikan pekerjaannya menggali.
"Kami minta dihentikan penggalian, sampai ada sosialisasi dan disepakati. Tetapi hari ini (Jum'at-red) mereka melakukan penggalian lagi. Akhirnya kami hentikan dan kami minta bantuan polisi," tukas
Mudiono.
Proyek pipanisasi gas sudah dilakukan sejak 6 februari 2014 lalu dilakukan Perusahaan Gas Negara (PGN) dari Desa Suci hingga Kawasan Industri Gresik (KIG). Pipa berdiameter 12 sentimeter itu ditanam sedalam 1,8 meter dengan panjang 2400 meter. Pekerjaan penggalian dan pemasangan pipa dikerjakan PT Graha Kharisma.
Sementara itu, perwakilan PT Graha Kharisma, Nur Sholeh yang datang ke lokasi mengatakan, bahwa, pihaknya sudah melakukan sosialisasi. Namun sosialisasi hanya di tingkat Desa Suci. Pihaknya, tidak mengetahui kalau warga RT X RW XI Perum GKB tepatnya disepanjang Jalan Brotonegoro Barat belum mendapat sosialisasi.
"Kami akan sosialisasi, tetapi waktunya menunggu dari pihak PGN," tukasnya.(sho)

0 komentar for "Warga Hentikan Proyek Pipanisasi PGN"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama