BERITA HARI INI

Buku Road to Semen Indonesia Dibedah Akademisi


GRESIK-Buku berjudul Road to Semen Indonesia Transformasi Korporasi Mengubah Konflik menjadi Kekuatan yang ditulis Direktur Utama PT Semen
Indonesia (Persero) Tbk Dwi Soetjipto setelah sukses dilaunching beberapa waktu lalu, mulai dibedah oleh kalangan akademisi di Universitas Hasanuddin (Unhas), Jum'at (21/02).
"Buku ini sarat dengan tulisan bernuansa knowledge serta strategic management, diselingi dengan data statistik, sehingga layak bila dijadikan karya ilmiah untuk dipergunakan sebagai kajian utama dalam diskusi atau seminar," ujar Dwi Soetjipto dalam rilisnya, Jum'at (21/02).
Dwi Soetjipto menambahkan, bahwa bukunya ditulis dengan alur bertutur, mengisahkan perjalanannya selama memimpin BUMN Semen Indonesia. Berbagai kisah konflik, tantangan memperbaiki kinerja
perusahaan, menyatukan berbagai perbedaan, mengawal proses transformasi, hingga upaya pencapaian visi menuju BUMN yang menjadi 'world class engineering company',".
"Dalam buku ini, saya mengajak pembaca untuk mengerti dan membayangkan serta menjadi pelaku seandainya pembaca menjadi salah satu manajemen di Semen Indonesia. Saya menulis strategi tersebut dengan alur cerita yang menawan seakan-akan pembaca juga bisa melakukan hal yang sama
jika duduk di kursi yang ditempatinya," terang Dwi Sotjipto.
Kunci sukses dalam buku ini adalah sinergi. Sinergi dengan tim yang dibentuk, serta sinergi dengan tim lain yang mendukung atau bekerja bersama-sama.
"Buku ini juga menyelipkan teori-teori manajemen yang biasa dipergunakan untuk melakukan analisa atau tindakan dalam pengambilan keputusan. Analisa tersebut didukung dengan alur pengambilan keputusan dan data yang sangat akurat, sehingga pembaca serasa diajak untuk berpikir dan merenungkan langkah-langkah strategis dalam menjalankan roda manajemen," imbuh Dwi Soetjipto.
Selain sinergi, Buku ini memberikan penekanan yang sangat penting pada kata inovasi. Dalam buku ini diulas sangat cermat dan cerdas, bagaimana dua kata tersebut (sinergi dan inovasi) melakoni perjalanan
Dwi Soetjipto baik dalam keseharian dan keberlangsungan perusahaan ke depan. Beberapa kasus dan analisa strategis dilakukan berdasarkan dua kata tersebut, seakan-akan penulis mengajak pembaca untuk menyetujui bahwa perusahaan dapat berjalan dengan baik menggunakan kata sinergi dan inovasi. Dan penulis berhasil mewujudkan hal tersebut, konflik menurun, produksi meningkat, dan angka finansial bergerak semakin positif.
Dwi Soetjipto menjelaskan Inovasi dimunculkan parallel dengan sustainable dan continuously di perusahaan. Secara logika perusahaan harus sustain dan continuos, maka resep untuk itu adalah inovasi, tanpa inovasi maka perusahaan hanya akan menjadi barang tua yang teronggok di tempat sampah. Salah satu implementasi inovasi adalah pembentukan Centre of Engineering (COE) dan Sekolah Tinggi Ilmu Management Semen Indonesia (STIMSI). Satu hal yang perlu dicatat dariinovasi adalah alat utama mendukung implementasi kebijakan perusahaan serta menjaga competitiveness perusahaan. (sho)

0 komentar for "Buku Road to Semen Indonesia Dibedah Akademisi"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama