BERITA HARI INI

Pelaku UKM Gresik Diberi Peluang Ekspor ke China


GRESIK- Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Gresik mempertemukan 20 pelaku UKM Gresik dengan Senior Advisor Jawa Timur di Tianjin, China, Mr. Jasper Ho. Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat yang juga ruang pamer produk milik Diskop UKM Perindag pada Jum'at (07/02).
Hal tersebut untuk membuka pasar ekspor ke luar negeri bagi produk UKM di Gresik,dengan memanfaatkan Exchange Centre (EC) Propinsi Jawa Timur di Tianjin China.
Dalam paparannya, Mr. Jasper Ho mengatakan, bahwa, negaranya banyak membutuhkan barang-barang dari Indonesia.
Menurut Jasper, neraca perdagangan Indonesia dan China defisit. Nilai ekspor Indonesia ke China hanya sekitar USD 25 juta sedangkan nilai importnya $ 30 juta lebih.
"Peluang pasar di Tianjin China sangat terbuka karena jumlah penduduk Tianjin sebanyak 14 juta lebih," katanya.
Dengan jumlah penduduk yang sangat besar, Tianjin (China) merupakan pasar potensial.
"Politik ekonomi pemerintah kami (CHina) sangat terbuka untuk Indonesia mengingat defisit perdagangan Indonesia terhadap Cina sangat besar. Sehingga Pemerintah China mendorong dengan memberikan berbagai kemudahan untuk perdagangan Indonesia di China. Tianjin merupakan Free Trade area yaitu pasar bebas bagi produk Indonesia khususnya Jawa Timur,"urainya.
Produk-Produk yang dibutuhkan masyarakat Tianjin (China) saat ini berupa makanan ringan, peralatan rumah tangga, kerajinan tangan, batu alam, batu marmer, perak, perhiasan dan aksesoris, tas dan berbagai kerajinan tangan, minyak atsiri, kemenyan, bahan industry, ramuan rempah-rempah, minyak kelapa, produk perikanan dan pertanian. "Untuk produk garment, tidak" kata Jasper.
Alasannya, sambung Jasper Jo, di Tianjin banyak sekali produsen garmen
Menanggapi hal tersebut, Kepala Diskop UKM Perrindag Gresik, Mokh Najikh menanggapi positif.
"Kami berharap kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku UKM di Gresik. Kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan mereka semua sekaligus memberikan semacam pelatihan perbaikan kualitas produk agar produk tersebut bisa laku dan diminati di Tianjin China,"tandasnya.(sho)

1 komentar for "Pelaku UKM Gresik Diberi Peluang Ekspor ke China"

  1. Assalamu'alaikum wr wb...

    Salam kenal dan sukses selalu buat On lineGresik.

    Dalam surat ini saya ingin berbagi sebagai rasa cinta saya kepada GRESIK dan masyarakatnya. Ternyata ada PEMUDA dari GRESIK yang mendunia sampai JERMAN.
    Saya ingin bersurat dan mungkin bisa dimuat dan menjadi inspirasi bagi kita semua pada umumnya dan PEMUDA dan REMAJA gresik pada khususnya. Membaca blog berikut ini, blog resmi dari ITS : http://www.its.ac.id/berita/13139/en, ingatan saya kembali ke masa 2007an. Saat itu saya kenal dengan seorang pemuda yang luarbiasa, namanya FITRULLAH di daerah Kebomas Gresik. Dia memiliki pribadi yang luar biasa, tulus ikhlas untuk membantu masyarakat, mulai petinggi Gresik, Sekda, dll sampai tukang becak, gelandangan dsb melalui kemampuan beliau yang luarbiasa dalam hal pengobatan, akupressur. Bahkan sayapun pernah diobatinya. Mata saya yang sering sakit, dengan sekali diterapi oleh Beliau langsung menjadi cerah dan esoknya keluar serbuk-serbuk halus seperti pasir. Kemudian setelah berikhtiar kemana-mana untuk mendapat momongan, atas ridho Allah melalui Beliau, setelah diterapi selama 1 bulanan, saya dan keluarga dikarunia momongan dan sekarang sudah 2 putra saya. Setelah pertemuan yang singkat itu, tiba-tiba dia menghilang. Dan tanggal 7 Februari 2014 kemarin saya baca di media ITS bahwa ada Pemuda dari Gresik bernama Fitrullah, lulusan ITS dan memang Beliau juga lulusan ITS, telah menciptakan herbal yang luarbiasa sampai menembus dunia pengobatan JERMAN dan sekarang posisinya di SEKAR KEDATON, GIRI, GRESIK. Apakah memang pemuda dalam media ITS itu memang Beliau ya? Semoga memang Beliau dan kalau melihat rekam jejaknya memang Beliau. Alhamdulillah semoga Sukses Selalu untuk Beliau dan ingin saya menemui Beliau.
    Semoga ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat GRESIK bahwa ada warganya yang mendunia sampai ke JERMAN dan mungkin media ini bisa berkesempatan bertemu Beliau.

    Wassalamu'alaikum wr wb

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama