BERITA HARI INI

Semen Indonesia Kembali dapat Penghargaan Proper Emas


GRESIK-Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) kembali memberikan peghargaan Proper Emas kepada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dengan demikian, untuk kali kedua perusahaan semen tersebut mendapatkan penghargaan tertinggi dibidang lingkungan hidup untuk perusahaan di Indonesia.
" Penghargaan Proper Emas yang diraih Semen Indonesia ini merupakan bukti bahwa pabrik yang kami miliki dalam pengelolaan lingkungan tidak hanya mengikuti standar standar yang ditetapkan KLH, tapi telah melakukan pengelolaan diatas standar yang ditetapkan oleh KLH dan melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR)."ujar Direktur SDM Semen Indonesia Bambang Sugeng dalam rilisnya, Rabu (11/12).
Ditambahkan, berbagai macam hal yang dilakukan perusahaan dalam menerapkan langkah-langkah untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan. Bahkan, secara berkelanjutan perusahaan berupaya melakukan penurunan emisi, termasuk dengan dengan mengurangi pencemaran udara dan intensitas karbon guna mengantisipasi dampak pemanasan global yang dapat mengarah pada perubahan iklim yang tidak dapat dipulihkan.
Wujud program tersebut dituangkan dalam rencana strategis dengan penurunan emisi melalui penerapan teknologi unggul.
"Kami sangat concern dan terus melakukan pemantauan lingkungan, kami percaya bahwa lingkungan yang ramah akan mendukung perusahaan untuk berkembang bahkan hingga saat ini,"imbuhnya.
Perusahaan juga melakukan efisiensi energy dengan menggunakan biomassa sebagai bahan bakar alternative pengganti batubara. Salah satu inovasi yang sudah di implementasikan dalam penurunan emisi gas CO2 adalah dengan pemakaian biomass sebagai bahan bakar alternative untuk substitusi batubara.
Biomass yang digunakan adalah sekam padi, cocopeat, serbuk gergaji dan limbah tembakau.
Selain penggunaan bahan bakar alternatif, perusahaan juga berupaya menurunkan gas rumah kaca melalui program clean development mechanism (CDM) melalui judul partial subtitional fossil fuels with biomass at Semen Gresik Plant di Tuban. Program CDM itu juga telah terintegrasi di lembaga internasioal PBB.
Pengelolahan peralatan pabrik juga terus dilakukan, kondisi pabrik yang prima juga menjadi optimalisasi efisiensi energy dimana perusahaan melakukan manajemen operasional pabrik secara terpadu dengan menjaga stabilitas operasi, menekan jumlah shutdown yang tidak terencana, mengoperasikan peralatan pada kapasitas maksimal dan mengendalikan kualitas bahan baku serta mengendalikan kualitas bahan bakar.
"Spirit efisiensi energy ini menjadi budaya karyawan sehingga tercipta kultur yang menyatu dalam kehidupan sehari-hari. Dalam operasional pabrik, Semen Indonesia telah melakukan penghematan energy dan konservasi energy. Kami sangat menjaga keberlanjutan lingkungan karena langkah tersebut akan berdampak positif yang pada akhirnya bisa meningkatkan profitabilitas perusahaan,"tukasnya.(sho)

0 komentar for "Semen Indonesia Kembali dapat Penghargaan Proper Emas"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama