BERITA HARI INI

Lindungi Situs Sejarah Cungkup Makam Sunan Giri


GRESIK-Situs sejarah dan budaya yang tersebar di Kabupaten Gresik harus tetap dipertahankan sebagai kekayaan negara.
Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto  berusaha mempertahankan  dan melestarikan benda peninggalan yang ada di komplek wisata religi Makam Sunan Giri. 
Salah satunya melindungi sirap cungkup atau atap bangunan penutup makam Sunan Giri yang berbahan kayu agar tak rusak akibat tekena panas matahari dan hujan.
Dalam pantauan, Selasa (03/12) beberapa pekerja mengangkat besi yang menjadi tiang konstruksi untuk pembangunan atap yang lebih tinggi diatas sirap cungkup agar tak terkena langsung sinar matahari maupun hujan.
Disitu  juga terpasang pengumuman adanya pembangunan yang konsekwensinya bakal menganggu penziarah dalam menjalankan wisata religi. Dan informasinya, anggaran pembangunan tersebut bukan berasal dari APBD Gresik melainkan anggaran di BP3 Trowulan.
"Ini pembangunan memang dari  BP3 Trowulan,"ujar salah satu pengurus Yayasan Makam Sunan Giri (YMSG) Syamsul A yang mengawasi  pekerja mengangkat besi konstruksi ke areal makam.
Selain itu, kabarnya bangunan pendopo yang ada di areal makam Sunan Giri juga akan dibongkar untuk lebih luas dan lapang bagi penziarah. Namun, bangunan pendopo tersebut bukan termasuk situs bersejarah karena bangunannya relatif baru untuk kenyamanan penziarah.(sho)


0 komentar for "Lindungi Situs Sejarah Cungkup Makam Sunan Giri"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama