BERITA HARI INI

Guru Diajari Mengenal Bakal Minat Siswa dari Sidik Jari


GRESIK-Sekitar 150 guru TK, TPQ dan SD mengikuti pelatihan jari potensi yang diselenggarakan YDSF Gresik di aula Dinas Pendidikan (Diksdik) Gresik, Minggu (01/12).
Tema yang diangkat yakni mengenali bakat dan minat dari sidik jari. Dengan narasumber Nurdin Afhami dari JAPO dengan membeber masalah sidik jari beserta sifat seseorang yang dilihat dari sidik jari.
Menurutnya, ada 3 jenis atau pola dasar yang dijadikan pijakan untuk menganalisa sikap dasar atau karakter pada manusia.
"Pertama, arch yaitu berfikir sederhana, naluri tinggi, spontanitas tinggi , loyalitas, kurang kritis dan kurang pertimbangan emosional,"ujarnya.
Kemudian jenis loop atau otak berespon dalam kerangka berfikir , sensitif , jiwa sosial, mudah adaptasi dan fleksibilitas tinggi .
Yang terakhir yakni Whorl yakni rasional, pola berfikir untung rugi , ego , pencapaian tujuan oriented , "Ibu jari menunjukkan menejemen diri, telunjuk cara berpikir dan pengambilan keputusan sehari hari , jari tengah mengambil tindakan sehari hari, jari manis komunikasi sehari hari , jari kelingking adaptasi dengan norma sosial masyarakat yang ada . Ini semua adalah untuk jari kanan," ungkap Nurdin.
Semntara itu, Kepala YDSF Gresik Arif Y mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk keterlibatan YDSF dalam menunjang para guru dalam mengenali siswa serta mengarahkan siswa sejak awal, "Sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai ", jelasnya . (Ali/sho)

0 komentar for "Guru Diajari Mengenal Bakal Minat Siswa dari Sidik Jari"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama