BERITA HARI INI

PDAM, Gresik Migas dan KONI Dianggap Lecehkan Dewan


GRESIK-Fraksi Kebangkitan Bangsa (F-PKB) menyoeoti tajam beberapa pihak yang tidak hadir pada saat pembahasan R-APBD Gresik Tahun 2014 dengan komisi.
"Saya sebut saja misalnya KONI, PT Gresik Migas, PDAM. Padahal pembahasan di tingkat komisi itu merupakan pendalaman dari pembahasan di tingkat lainnya. Justru pembahasan lebih detail dilakukan oleh Komisi-Komisi di DPRD. Tapi mereka tidak datang tanpa ada alasan, tanpa konfirmasi apapun dari pihak terkait,"ujar Chumadi Ma'un yang membacakan Pendapat Akhir (PA) F-PKB tentang Ranperda APBD Gresik 2014.
Hal ini, sambung Chumaidi Ma'un, bisa saja dianggap melecehkan parlemen yang oleh Undang-undang jelas disebutkan memiliki Hak Anggaran (budgeting).
"Saya minta Bupati melakukan teguran dan peringatan keras terhadap mereka.,"tegasnya
F-PKB juga menyoroti pendapatan dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.
Salah satunya, setoran dari salah satu BUMD PT Gresik Migas dari semula sebesar Rp. 10 milyar, dinaikkan menjadi 10,4 milyar.
"Terdapat kenaikan 400 juta. Yang menjadi temuan dan harus diperjelas adalah mekanisme setoran bagian dari laba usaha PT Gresik Migas tersebut kepada Pemerintah Daerah. Mekanisme setor harus jelas, apakah perbulan, per triwulan atau per semester. Sebab para pembeli gas dari PT Gresik Migas, ternyata melakukan setoran pembayaran setiap bulan. Tapi mengapa hingga menjelang akhir tahun anggaran 2013 ini. PT Gresik Migas masih setor sebesar Rp. 3 milyar,"tegasnya
Disamping itu, F-PKB minta retribusi Ijin Mendirikan Bangunanharus diberikan target yang jelas . Sebab potensi retribusi IMB sangat besar. Jumlah perusahaan di Kabupaten Gresik merupakan potensi besar. "Fraksi PKB yakin setiap tahun perusahaan-perusahaan itu melakukan perluasan bangunan pabrik maupun kantor. Belum lagi investor baru yang terus berdatangan ke Gresik, merupakan potensi besar retribusi IMB,"tandasnya.
Chumaidi mengatakan kasus terbongkarnya City Nine, yang sudah melakukan kegiatan tapi tidak mengantongi ijin sama sekali alias bodong. Perusahaaan di Kawasan Industri Gresik (KIG) yang bangunannya sudah selesai tapi baru mengantongi IMB.
"Dan masih banyak lagi temuan-temuan yang nanti akan di ungkap kawan-kawan di komisi-komisi yang secara intens melakukan sidak,'tegasnya.(sho)

0 komentar for "PDAM, Gresik Migas dan KONI Dianggap Lecehkan Dewan"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama