BERITA HARI INI

Dana BOP Madin dan PPDGS Dijanjikan Cair Bulan Ini


GRESIK-Komisi D DPRD Gresik merespon keluhan dari kepala sekolah (Kepsek) terkait dana hibah untuk Madrasah Diniyah (madin) dan Penyelenggara Madrasah Swasta dari Pemprov Jatim yang belum dicairkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Gresik. Sebab,bantuan tersebut sudah dicairkan oleh kabupaten/ kota lain di Jawa Timur.
Anehnya, Bantuan Operasional (BOP) tersebut di Kabupaten Gresik belum cair.
Termasuk Bantuan Penyelenggara Pendidikan Dan Guru Swasta (PPDGS) dari APBD Propinsi Jatim.
Untuk itu, Komisi D mengundang Kelompok Kerja Madin (KKM) dan Disdik Gresik dalam hearing untuk mencari akar masalahanya serta solusinya, Kamis (10.10)
Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan (Disdik) Gresik, Shobiron menyatakan ada 3 daerah lain yang belum cair juga. Pihaknya juga sudah berupaya untuk segera mencairkan bantuan tersebut.
"Dana tidak berada di rekening Dinas Pendidikan tetapi DPPKAD Gresik. Kalau semua persyaratan sudah selesai, pasti cair,"tandasnya..
Dijelaskan, dana hibah prosesnya tidak sederhana. Sebelum bantuan dicairkan, maka dibuat nota perjanjian hibah daerah (NPHD). Selanjutnya, dibuatkan SK penerima hibah. Selain itu, data harus valid, sebab DPPKAD tak mau mencairkan kalau data tidak valid.
Dicontohkan bantuan PPDGS dari Pemprov Jatim yang tengah dilembur juga oleh Bidang PLS Disdik Gresik. Karena berkasnya sangat tebal dan ribuan penerimanya, maka pencairannya tidak bisa cepat.
"Setiap hari, kita lembur hingga pukul
24.00 WIB supaya bantuan PPDGS segera bisa cair juga. Silakan mampir ke kantor kalau tak percaya,"ujarnya.
Namun, Komisi D tetap mendesak supaya proses dipercepat agar dana bisa secepatanya dicairkan. Apalagi, dana dari Pemprov Jatim sudah cair  dan telah tersimpan  di DPPKAD Gresik.
"Akhirnya, Disdik Gresik berjanji akan mencairkan BOP pada bulan ini, Sedangkan PPDGS akan dicairkan dalam 2 tahap,"ujar Ketua Komisi D, Chumaidi Ma'un seusai hearing.(sho)

0 komentar for "Dana BOP Madin dan PPDGS Dijanjikan Cair Bulan Ini"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama