BERITA HARI INI

Partispasi Rendah, Mahasiswa Desak Audit Anggaran Pilgub Jatim


GRESIK-Puluhan mahasiswa yang yergabung dalam PC PMII Gresik melakukan unjukrasa ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gresik maupun Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Gresik, Selasa (03/09).
Mereka menuntut adanya audit anggaran pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) di Kabupaten Gresik yang dinilai gagal. Alasannya, tingkat partisipasi masyarakat cukup rendah yaitu hanya berkisar 53 persen.
"Kami melihat ada upaya yang gagal dalam pendidikan politis yang dilakukan KPU maupun Panwas. Karena itu, kami menghendaki dilaiukan audit atas anggaran Pilgub Jatim yang diterima KPU Gresik," teriak koordinator aksi, Faizin dalam orasinya.
Dengan penjagaan ketat dari petugas, mahasiswa terus berorasi dan menuntut melakukan audiensi secata terbuka di lapangan dengan Ketua KPUD Gresik, Alimin SH, M.Hum.
Namun, komisioner KPUD Gresik belum datang ke kantor karena masih ada kegiatan. Tak pelak, mahasiswa emosi dan melakukan aksi dorong untuk merrobohkan pagar kantor KPUD Gresik.
Untuk menghindari aksi anarkis, polisi membolehkan mahasiswa melakukan orasi di pintu sekretariat KPUD Gresik. Tak lama berselang. Komisioner KPUD Gresik, M. Faizin datang ke kantor untuk menemui pengunjukrasa.
Dia menjelaskan, sebenarnya tingkat partisipasi tinggi dibanding daerah lain Kalau terkait minimnya sosialisasi itu, penyebabnyak program sosialisasi juga rendah anggarannya.
"Jadi ini memang program KPU Jawa Timur," tukasnya.
Selanjutnya, pengunjukras melanjutkan aksi ke kantor Panwaslu Gresik. Disitu, pengunjukrasa diterima oleh Ketua Panwaslu Gresik, Hariyanto SE.
Hanya saja, Hariyanto tampak kesal dengan pengunjukrasa karena Panwaslu dicatut dalam seleberan yang dibagikan pengunjukrasa ke pengguna jalan.
Sebab,pencatutan Panwaslu tersebut dinilai membuat informasi menjadi melintir ke publik. Alhasil, pengunjukrasa di 'umbah' oleh Panwaslu Gresik.(sho)

0 komentar for "Partispasi Rendah, Mahasiswa Desak Audit Anggaran Pilgub Jatim"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama