BERITA HARI INI

Semen Indonesia Terima Social Business Inovation Award 2013 dan Best Green CEO Award


GRESIK-Penghargaan Social Business Inovation Award 2013 dan Best Green CEO Award dipersembahkan kepada untuk Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero)Tbk (SMI) Dwi Soetjipto.dalam prestasinya mengelola perusahaan yang bersahabat dengan lingkungan.
Dalam siaran pers dari SMI, Kamis (22/08), apresiasi tersebut diberikan oleh salah satu majalah ekonomi kepada perusahaan-perusahaan terbaik yang ada di Indonesia. Utamanya perusahaan yang berhasil menerapkan prinsip-prinsip sustainable corporation melalui program corporate social responsibility (CSR) 2013.
Untuk menjaring nominator, dilakukan riset pendahuluan terhadap perusahan-perusahaan di Indonesia dengan melakukan riset kualitatif melalui screening, sebagai berikut: perusahaan tersebut beroperasi di Indonesia, memiliki program CSR unggulan, comply dengan peraturan pemerintah terkait lingkungan .
Selanjutnya, hasil screening tersebut mengerucut dalam riset Social Business Innovation 2013.
Selanjutnya dikelompokkan penilaian Social Business Innovation dalam dua kategori yaitu Go Green dan Community Development.
Kategori Go Green adalah kegiatan inovasi-inovasi program CSR perusahaan yang terkait dengan lingkungan. Sedangkan kategori Community Development adalah inovasi-inovasi program CSR perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat.
Program di bidang lingkungan terkait perlindungan dan pelestarian lingkungan, seperti manajemen lingkungan, penanganan limbah, penanganan lahan kritis, reboisasi, reklamasi lahan,infrastruktur air bersih dan pengairan, pengendalian polusi udara, air dan tanah, kebisingan, air dan sanitasi, lingkungan permukiman, penghematan energi maupun penggunaan energi alternatif.
Sementara program yang terkait Community Development adalah program yang berdampak pada peningkatan kualitas kehidupan social masyarakat seperti layanan pendidikan, kesehatan, keagamaan, seni, budaya, dan olahraga. Termasuk juga program peningkatan usaha dan ekonomi masyarakat, seperti program peningkatan peluang kerja dan peluang usaha, peningkatan pendapatan dan penurunan kemiskinan di masyarakat melalui pengembangan koperasi maupun, lembaga keuangan lainnya.
Ada 100 nominasi yang lolos tahapan pertama penyaringan dari Index Sustainable and Responsible Investment (SRI) KEHATI dan proper Kementerian Lingkungan Hidup kategori Emas, Hijau, dan Biru.
Dari 100 perusahaan tersaring 50 di tahapan kedua dan pada akhirnya tampil 23 perusahaan yang berhak menerima "Social Business Innovation Award 2013".
Survei tak berhenti sampai di sini. Karena masih ada satu kategori lagi yang memilih 10 CEO dari 23 Perusahaan peraih "Social Business Innovation Award".
Ke sepuluh CEO tersebut dipilih berdasarkan tingginya resiko bisnis dan langkah apa yang telah dilakukannya dalam menjaga pelestarian lingkungan yang tentunya berdampak pada keberlanjutan bisnisnya. Ada dua tahap untuk menentukan CEO berlabel Hijau tersebut. Tahap pertama, pertama-tama diukur "kehijauan" perusahaan melalui SBI Index 2013, kemudian setelah itu dilihat siapa CEO-nya. Nama perusahaan disaring dari nama perusahaan publik yang masuk dalam Proper dan Indeks Sri-Kehati (rating perusahaan-perusahaan terbuka berdasarkan aspek lingkungan.
Pada survei kedua, dari tiga benchmark hijau diatas, masih dengan populasi dari perusahaan Indeks Sri-Kehati, maka ada beberapa indikator yang digunakan oleh Warta Ekonomi untuk mengejawantahkan hijau yang lebih detil, indikator-indikator tersebut adalah, pertama, CEO yang Green, adalah CEO perusahaan yang memiliki komitmen yang tinggi untuk mengaplikasikan green kedalam proses bisnis perusahaan dengan menetapkan prinsip-prinsip Green dalam strategi perusahaan.
Kedua, CEO yang Green adalah CEO yang memiliki visi yang kuat dalam menuju sustainable corporation melalui program- program tanggung jawab sosial sesuai dengan bisnis inti perusahaan dimana perbaikan kualitas masyarakat dan perbaikan kualitas lingkungan sekitar operasional perusahaan menjadi fokus utamanya
Ketiga, CEO yang Green adalah CEO yang selalu berkomitmen terhadap pemenuhan persyaratan dalam berhubungan dengan pemerintah dan masyarakat sekitarnya. Program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan harus comply dengan peraturan pemerintah yang ada.(sho)

0 komentar for "Semen Indonesia Terima Social Business Inovation Award 2013 dan Best Green CEO Award"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama