BERITA HARI INI

PC Ketapang II Bakal Pasang Pipa Gas di Perairan Gresik


GRESIK-Pemain bisnis dibidang migas terus mengincar Gresik. Giliran PC Ketapang II Ltd mensosialisasiikan rencana pemasangan pipa gas di perairan Gresik pada awal September nanti.
Acara tersebut betlangsung di ruang Graita Eka Praja Kantor Bupati Gresik, Rabu (21/08)
Bupati Dr. H. Sambari Halim Radianto menghimbau agar pihak PC Ketapang II LTD sesegera mungkin menyelesaikan semua surat perijinan yang diperlukan.
"Mestinya sebelum sosialisasi ini dilaksanakan, pihak PC Ketapang II Ltd sudah mengajukan ijin tertulis kepada kami. Serta mengantongi semua perijinan termasuk Ijin Pemanfaatan Ruang (IPR) dari Pemkab Gresik. Saya jamin proses perijinannya tidak akan lama. Paling hanya 3 jam sudah selesai,"janjinya dihadapan SKK Migas, PC Ketapang II Ltd, Camat Sidayu, Ujungpangkah, Bungah dan Manyar serta beberapa perwakilan dari Instansi terkait .
Sedangkan Adi Fernando dari SKK Migas memastikan pihaknya sesegera mungkin untuk menyelesaikan perijinannya. Termasuk melaksanakan sosialisasi lanjutan baik kepada instansi maupun masyarakat nelayan terkait penanaman pipa yang pasti sedikit mengganggu aktifitas nelayan.
"Rencananya pipa gas sepanjang 110 km yang telah terpasang sejak dari Bukittua, Sampang melintang di sepanjang utara pulau Madura dan masuk selat Madura yang kemudian berakhir di sekitar area Manyar Gresik (kawasan Industry Maspion),"paparnya.
Pipa yang terpsanag bakal berdiameter 12 inci yang terbuat dari Carbon stell
 akan melintasi 4 kecamatan mulai dari kecamatan Ujungpangkah, Sidayu, Bungah dan Manyar.
"Untuk didaratan, pipa yang akan ditanam hanya sepanjang 250 meter" tambahnya.
Sedangkan wakil dari PC Ketapang II Ltd, Willy Anugerah P menyatakan bahwa keberadaan pipa tidak akan mengganggu aktifitas nelayan maupun kapal.
" Pipa kami akan dipasang di area reklamasi dan tertanam 3 meter di dasar laut. Letaknya lebih dalam dari pipa yang sudah ada milik Hess" terangnya.
Hanya saja, pada saat pemasangan yaitu saat kontruksion penanaman pipa, pihaknya erharap tidak ada aktifitas diperairan dalam radius 750 meter dari lokasi kontruksi. "Diperkirakan pelaksanaannya selama 30 hari sejak 2 September ini,"pungkasnya.
Sementara Sekkab Gresik Ir. M. Nadjib juga menghimbau agar pihak PC Ketapang II LTD melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama Nelayan. Termasuk selalu berkoordinasi dengan pihak Muspika pada setiap kegiatan.
Untuk sosialisasi maupun pendataan kerugian Nelayan agar berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gresik dengan menyertakan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HINSI) Gresik dan Keamanan Laut Terpadu (Kamladu).
"Kami juga memohon kepada pihak PC Ketapang II LTD untuk segera membuat rencana pekerjaan
day to day,"pungkasnya.(sho)

0 komentar for "PC Ketapang II Bakal Pasang Pipa Gas di Perairan Gresik"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama