BERITA HARI INI

Puskesmas Sedayu Jadi Patokan Standar Puskesmas di Gresik


GRESIK-Standarisasi typhical untuk pembangunan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Gresik harus mengacu Puskesmas Sidayu.
Hal tersebut dicanangkan Bupati Dr. H. Sambari Halim Radianto saat meresmikan 3 puskesmas sekaligus yaitu Puskesmas Sidayu, Puskesmas Balongpanggang dan Puskesmas Kesambenkulon Kecamatan Wringinanom yang berlangsung di halaman Puskesmas Sidayu, Sabtu (24/08).
"Puskesmas (Sedayu) ini setidaknya dapat melayani kesehatan masyarakat sekitar karena kalau ke RSUD Ibnu Sina jaraknya agak jauh," katanya. Puskesmas Sidayu yang berlantai 2 menyerupai sakit type D. Terletak di Jalan Raya Sidayu, pembangunan Puskesmas Sidayu menelan anggaran sebesar Rp. 2,8 milyar.
Ada beberapa poli layanan yaitu poli umum, poli gigi, Klinik Ibu Anak dan KB, beberapa poli spesialis, laboratorium, radiologi, UGD dan ruang rawat inap.
Sedangkan. Puskesmas Balongpanggang dan Puskesmas Kesambenkulonmenelan biaya sebesar Rp. 1,4 milyar.
Menurut Sambari ketiga puskesmas tersebut bagian wujud komitmen Pemkab Gresik dalam pembangunan kesehatan seperti yang tertuang dalam RPJM tahun 2013.
"Bidang kesehatan merupakan program skala prioritas. Anggaran untuk bidang kesehatan Tahun 2013 mencapai Rp. 223 milyar,"imbuhnya. Sementara itu, Sekkab Ir. M. Nadjib dalam laporan mengatakan,bahwa, anggaran kesehatan sebesar Rp. 223 milyar digunakan untuk pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yaitu gedung 4 lantai yang berada di lahan RS Ibnu Sina Gresik. Pembangunan RS Pratama di Sangkapura Pulau Bawean, Pembangunan dan rehab peningkatan pelayanan puskesmas dari pelayanan rawat jalan menjadi pelayanan rawat inap di 6 Kecamatan.
Disamping itu, rehab Puskesmas Pembantu (Pustu) di 15 kecamatan, dan rehab rumah dinas paramedis di 8 kecamatan.(sho)

0 komentar for "Puskesmas Sedayu Jadi Patokan Standar Puskesmas di Gresik"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama