BERITA HARI INI

Deklarasi Gresik Kabupaten UKS


GRESIK- Peserta Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Unit Kesehatan Sekolah ( UKS) dari UPT Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan atau Puskesmas, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mendeklarasikan Kabupaten Gresik sebagai Kabupaten UKS.
Deklarasi tersebut berlangsung dalam rakerja yang berlangsung di ruang Putri Mijil, Kamis (04/07).
Rakerda UKS tersebut diikuti 125 peserta. Sebelumnya, diawali senam UKS dari para siswa dan di ikuti seluruh peserta.
Wakil Bupati (Wabup) Drs Moh Qosim M.Si dalam sambutannya di pembukaan kegiatan menjelaskan, bahwa, sebelumnya UKS seperti tidur nyenyak. Namun, telah bangun dan bangkit dari tidurnya saat ini. Apalagi, SMAN I Manyar pada tahun 2013, menjadi juara II UKS tingkat Provinsi Jatim.
"Kesehatan merupakan prioritas utama dalam pembangunan Kabupaten Gresik. Dapat dibuktikan kalau angka harapan hidup di Gresik yang dulu hanya kisaran umur 68 tahun, sekarang sudah menjadi 71 tahun.Begitu juga angka kematian ibu dan bayi mengalami penurunan dratis. Dengan perkembangan yang sangat menggembirakan ini kami yakin ke depan bisa menuju Kabupaten Gresik yang higinis atau sehat,"ujarnya.
Sementara itu, staf khusus bidang politik dari Kementerian Kesehatan, Bambang Sulistomo mengungkapkan bahwa UKS merupakan upaya untuk mencegah penyakit menuju sehat, dan UKS upaya prefentif yang paling tepat dalam mengahadapi penyakit.
"Kesadaran masyarakat terhadap penyakit, lebih besar warga yang mampu (ekonominya) daripada masyarakat miskin. Orang yang tidak mampu dalam berkehidupan lebih mengutamakan merokok daripada membeli telur untuk anaknya. Ini sangat memprihatinkan. Bagaimana kalau anak-anak kita hidup tanpa asupan gizi yang seimbang. Padahal, kita harus mempersiapkan generasi yang tangguh, cerdas dan mampu menjawab tantangan di era globalisasi saat ini,"tandasnya.(sho)

0 komentar for "Deklarasi Gresik Kabupaten UKS"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama