BERITA HARI INI

SMI Resmikan Fasilitas Bongkar Batubara Senilai Rp 230 M


‪GRESIK-PT Semen Tonasa salah satu anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk meresmikan fasilitas pembongkaran batubara atau Coal Unloading System dan open yard storage di Pelabuhan khusus Biringkassi Pangkep, Senin (11/8/2014).
Peresmian dilakukan oleh Dirut Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto.
"Fasilitas baru Coal Unloading System (sistem pembongkaran batubara) dan open yard storage dibangun di area Biringkassi dengan desain kapasitas pembongkaran mencapai 1000 ton/jam. Pembangunan fisik di mulai pada kwartal ke-2 tahun 2010 dan selesai pada kwartal ke-2 tahun 2014 atau kurang lebih selama 50 bulan. Fasilitas Coal Unloading System dibangun secara swakelola oleh PT Semen Tonasa. Untuk pembangunan fasilitas ini investasi  yang dikeluarkan mencapai Rp230 miliar  yang berasal dari dana internal perusahaan,"ujar Dirut Semen Indonesia Dwi Soetjipto dalam rilisnya.
Dijelaskan bahwa Sistem ini dibangun sebagai solusi terhadap pemenuhan kebutuhan  batubara yang meningkat seiring dengan beroperasinya Pabrik Tonasa unit V dan Power Plant baru. Dimana kebutuhan bahan bakar batubara meningkat cukup signifikan hingga 100% yaitu dari 1 juta ton pertahun menjadi lebih dari 2,04 juta ton pertahun atau 5.675 ton/hari.
Sebelum ada Fasilitas baru Coal Unloading System, pembongkaran batubara yang ada dilakukan dengan alat berat excavator, yang jumlahnya disesuaikan dengan besarnya kapal yang sandar. Dengan kapasitas tongkang yang sandar rata-rata adalah 8.000 ton, jumlah peralatan bongkar (excavator) yang digunakan rata-rata 3 unit per kapal. Sehingga perhitungan rata-rata pembongkaran di Dermaga 2 hanya mampu melayani pembongkaran sebanyak 1,4 juta ton pertahun atau 2.778 ton/hari.(sho)

0 komentar for "SMI Resmikan Fasilitas Bongkar Batubara Senilai Rp 230 M"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama