BERITA HARI INI

KPU Gresik Tegur Bupati-Wabup Lakukan Kampanye Terselubung


GRESIK-Akhirnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik memberikan sanksi teguran pada Bupati Sambari Halim Radianto dan Wabup Moh Qosim. Keduanya dinilai salah melakukan mobilisasi massa kampanye salah satu pasangan calon presiden.
Surat teguran dikirim KPU Gresik Senin (7/7). Surat teguran tersebut didasarkan pada rekomendasi Panwas Pilpres Gresik. Sebab, kedua pejabat tersebut menghadiri acara Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Timur di GNI Gresik beberapa waktu lalu.
''Kami memang baru mengirimkan surat teguran pada Bupati dan Wakil Bupati,'' ujar Komisioner Divisi Hukum Dan Pengawasan KPU Gresik,M Choiruz Zimam kepada awak media, Senin (7/7).
Menurutnya, teguran yang dikirimkan ini sebagai tindaklanjut dari rekomendasi Panwas Pilpres Gresik. Pasalnya, meski bahasanya tidak sesuai aturan hal itu tetap dibenarkan KPU Jatim. Kendati demikian, KPU Jawa Timur menganggap rekomendasi panwas dapat dijadikan dasar aturan.
"Kami tetap mengikuti rekomendasi panwasl Pilpres sebagai landasan,'' terang Zimam.
Sedangkan, Komisioner Divisi Pengawasan Panwas Pilpres Gresik Hariyanto Ismail mengatakan bahwa setelah berkas dikembalikan pihaknya sempat melakukan konsultasi dengan Bawaslu. Dan rekomendasi yang tidak ada aturannya maka rekomendasi tersebut bisa menjadi aturan.
''Dengan adanya hasil ini, maka kami sudah menjawab rekomendasi sesuai rekom awal,'' ungkapnya.
Lebih lanjut, kata Ismail, permasalahan ini lantaran dalam bahasa yang digunakan tidak menyalahkan bupati maupun membenarkan. Tetapi, pihaknya hanya meminta agar Bupati dan Wabup kedepannya bisa lebih selektif dalam menghadiri acara. Apalagi, kalau acaranya jelas-jelas terkait pilpres tidak perlu didatangi.
Menyikapi hal itu, Kepala Bagian Adm Humas Setkab Gresik Suryo Wibowo kepada awak media mengaku belum menerima terkait teguran dari KPU Gresik. Sehingga, pihaknya belum bisa mengomentari hal itu.
"Belum ada, mana ada surat teguran, dari pagi tidak ada surat dari KPU,'' pungkasnya.(sho)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

0 komentar for "KPU Gresik Tegur Bupati-Wabup Lakukan Kampanye Terselubung"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama