BERITA HARI INI

Komplotan Pencuri Pewarna Pupuk Phonska Dicokok


GRESIK-Berdalih penghasilannya tak mencukupi untuk membeli BBM dan rokok, 4 pekerja outsourcing dari PT.Aneka Jasa Grhadika (AJG) yang dipekerjakan di PT. Petrokimia Gresik (PKG) nekad mencuri pigmen red atau pewarna pupuk.
Mereka yang berkomplot yakni Kasan Sujono (34) warga Jl Gub Suryo GG 8 No 53 Kelurahan Tlogo Pojok Kecamatan Gresik, H Moch Jailani (47) warha Dusun Jambu RT 02 RW 02 Desa Semampir Kecamatan Cerme, Suwito (40) warga Jl Abd Karim 2 / 9 Kelurahan Karangpoh RT 01 RW 02 Kecamatan Gresik dan Aji Pandowo ( 51) warga Jl Simo Tambakan GG 1 No 55 Surabaya.
"Uangnya buat beli rokok sama beli bensin,pak. Gaji gak cukup,"ujar tersangka Kasan Sujono dihadapan petugas di Mapolsek Kota Gresik, Kamis (19/06).
Setiap sak pigmen red yang dicuri, mereka jual seharga Rp. 350.000,-. Kemudian, Kasan Sujono memberi hasil penjualan masing-masing @ Rp. 25.000,-
Kapolsek Kota Gresik, AKP Mulyono SH menerangkan, bahwa, penangkapan tersangka berawal berawal dari kecurigaan satpam dengan truk AJG yang mengangkut sampah. Setelah di cek ada pigmen red seberat 25 kilogram. Dari gudang Phonska Pabrik 2 PT Petrokimia Gresik.
"Selanjutnya kita lakukan penyelidikan dan menemukan barang bukti (BB) 1 sak pigmen red yang belum sempat dijual,"ujarnya.
Modus yang dilakukan pelaku yakni sewaktu menjelang Maghrib, pelaku mengeluarkan pigmen seberat 25 kg sebanyak 8 - 10 sak diletakan di sampah untuk mengelabui supaya bisa keluar.
Keesokan harinya, pigmen red diambil dan diturunkan di TPA Ngipik lalu dijual per sak Rp 350.000,-. Pelaku jampir setiap Minggu mengambil sekali. Mereka sudah bekerja disana sekitar 2 tahun .
"Sudah hampir 1,5 tahun, tersangka diincar oleh Buser Polsek Kota Gresik. Tapi BB tak diketahui. Bahkan, mereka sempat melawan. Terakhir, mereka ambil 16 sak. Ada yang sudah terjual dan belum. Akhirnya BB kami diambil dari rumahnya,"papar Mulyono.
"Tersangka kita jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara,"pungkasnya.(sho)

0 komentar for "Komplotan Pencuri Pewarna Pupuk Phonska Dicokok"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama