BERITA HARI INI

Semen Indonesia Target Kuasai Pasar Jatim 73 Persen


GRESIK-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dengan produknya merek Semen Gresik menargetkan penguasaan pasar di Jawa Timur tahun 2014 sebesar 73%.
"Target ini naik 1% dibanding market share tahun 2013 sebesar 72%,"
Kadept Pengembangan Pemasaran Semen Indonesia, Rudi Hartono dalam rilisnya, Kamis (23/01).
Untuk mencapai target tersebut, kata Rudi, Semen Indonesia akan melakukan beberapa strategi diantaranya dengan melakukan customer gathering secara berkala.
Strategi yang lain yakni meningkatkan sinergi pemasaran dengan memprioritaskan ketersediaan barang, sehingga konsumen lebih nyaman karena barang yang dicari selalu tersedia.
Seperti dalam customer gathering yang ditujukan bagi para peritel/pelanggan di Area Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, dan Gresik, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memberikan penghargaan kepada 35 Customer yang terdiri dari 15 toko yang loyal terhadap Semen Gresik, 10 toko dengan penjualan terbaik serta 10 pelanggan semen curah.
"Apresiasi pelanggan adalah bentuk program untuk menjaga loyalitas seluruh mitra penjualan, khususnya di wilayah Area I Jawa Timur,"tandasnya. Dengan pogram loyalitas merupakan salah satu upaya Semen Indonesia untuk terus memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan mitra penjualan.
"Sehingga para mitra tersebut dapat selalu merasakan nilai tambah dari perseroan. Para mitra tersebut tidak hanya merasakan keuntungan karena kuatnya merek perseroan, dalam hal ini Semen Gresik, tapi juga mendapat manfaat lebih melalui program reward seperti hari ini," jelasnya.
Untuk itu, pihaknya berharap melalui program penghargaan ini dapat memacu serta meningkatkan kontribusi para toko yang merupakan mitra penjualan utama perseroan. "Melalui dukungan para mitra inilah, perseroan dapat menjaga posisi sebagai market leader hingga saat ini," imbuh Rudi.
Ditegaskanya, sapaian yang telah diperoleh Semen Indonesia menjadi market leader merupakan buah dari keunggulan produk yang dimiliki serta penerapan strategi pemasaran yang terpadu.
Keberadaan Pelabuhan khusus serta Packing Plant yang tersebar diseluruh Indonesia juga sangat membantu dalam efisiensi terutama dalam hal biaya transportasi dan distribusi.
Sepanjang tahun 2013 PT Semen Indonesia (Persero) Tbk juga menunjukkan kinerja yang menggembirakan.
Gambaran kinerja selama 2013 sebelum audit diperkirakan sebagai berikut. Penjualan Semen Indonesia tahun 2013 mencapai 28 juta ton naik 27% dibanding tahun sebelumnya sebesar 22 juta ton. Revenue mencapai 22,5 triliun naik 27% dibanding tahun lalu sebesar 21,9 juta ton, Ebitda mencapai 7,99 triliun naik 25% dibanding tahun lalu sebesar 6,44 triliun.
Perseroan juga mampu menguasai pasar domestik dengan market share sebesar 43,8%.
Hingga saat ini Semen Indonesia telah memiliki 4 pabrik semen yaitu 3 lokasi pabrik di Indonesia yang letaknya secara geografis sangat strategis yaitu Semen Padang di Sumatera, Semen Gresik di Jawa serta Semen Tonasa di Sulawesi dan memiliki 1 lokasi pabrik di luar negeri yaitu Thang Long Cement di Vietnam, Perseroan memiliki Cement Mill sebanyak 22 unit, packing plant 21 unit serta sarana perluasan jangkauan pasar yang ditunjang dengan keberadaan pelabuhan khusus (special sea port) semen yang dimiliki perseroan.
Pelabuhan itu untuk menjamin kecepatan waktu bongkar muat semen. Saat ini, ada 11 pelabuhan khusus yang dimiliki perseroan, yaitu di Padang, Tuban, Gresik, Biringkasi, Dumai, Ciwandan, Banyuwangi, Sorong dan dua pelabuhan di Vietnam.(sho)

0 komentar for "Semen Indonesia Target Kuasai Pasar Jatim 73 Persen"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama