BERITA HARI INI

Tumbuhkan Jiwa Enterprenuer Buat Jus Juwet


GRESIK- Inovasi dilakukan SD Muhammadiyah GKB untuk menumbuhkan jiwa enterprenuer siswa dengan mengajari membuat jus juwet .
Buah berwarna ungu kehitaman ini masak hanya pada musim awal penghujan. Kini, juwet termasuk tanaman langka.
Buah Juwet yang sudah masak kalau di makan mempunyai beberapa khasiat seperti mencegah kolestrol jahat di dalam tubuh , menyembuhkan luka diabetes , batuk kronis dan asma , mengobati diare , sariawan, dan mengobati ngompol. Karena Juwet tidak bisa bertahan lama , maka SD Muhammadiyah GKB membuat inovasi agar ada nilai lebih berupa jus buah juwet.
Untuk membuatnya, Juwet masak dipetik dari pohon yang selanjutnya di cuci , dan di pisahkan kulit dan isinya dengan menggunakan anyaman bambu.
Setelah buah sudah dipisah dari bijinya, diperas dan dipanaskan di atas tungku dengan panas 80 derajat celcius serta ditambahkan gula secukupnya.
Guru pembimbing membuat jus juwet di SD Muhammadiyah GKB, Jaini S Si menuturkan buah juwet jarang di lirik orang.
"Ternyata manfaat bagi kesehatan yang luar bisa. Sayangnya tidak tahan lama. Makanya kami mengajarkan cara membuat jus buah juwet kepada siswa untuk menumbuhkan jiwa enterprenuer,"ujarnya.
Semnetara itu, Wakil Kepala SD Muhammadiyah GKB, Sugeng Waras menjelaskan bahwa pelajaran tersebut karena siswa sayang tanaman dan merasakan manfaat tanaman serta mengambil manfaat berupa uang dari tanaman. (ali/sho)

0 komentar for "Tumbuhkan Jiwa Enterprenuer Buat Jus Juwet"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama