BERITA HARI INI

Peserta Gerak Jalan Balongpanggang-Gresik Naik 105 Persen


GRESIK-Jumlah peserta gerak jalan napak tilas rute pahlawan Balongpanggang- Gresik semakin meningkat. Sebanyak  7.412  peserta saat dilepas Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto dari depan pendopo kantor Camat Balongpanggang pada Sabtu (30/11).
Bupati menyatakan bangga atas antusias masyarakat pada pelaksanaan gerak jalan Tradisional Balongpanggang-Gresik ini.
 “Selain antusias peserta yang bagus dan jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Sambutan masyarakat yang ada di rute gerak jalan ini juga begitu semarak. Saya melihat masyarakat memasang umbul-umbul serta banyak aksi masyarakat yang memberikan kesemarakan acara gerak jalan ini” ujarnya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Drs. Moh Qosim, M.Si beserta anggota Muspida Gresik.
Selain itu, Bupati berharap agar peserta gerak-jalan melaksanakan gerak jalan ini dengan ikhlas dan sportif.  Sehingga menjadi tolok ukur dari kegiatan gerak jalan yang lain di Jawa Timur.
“Saya yakin suatu saat magnet gerak jalan Balongpanggang – Gresik akan menjadi yang terbesar di Jawa Timur,”tandasnya. 
Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, (Budparpora) Siswadi Aprilianto menyatakan, gerak jalan Balongpanggang – Gresik dengan jarak tempuh 45 km, merupakan Napak tilas rute perjuangan pahlawan Gresik tempo dulu .
“Dengan gerak jalan ini, kami  berharap dapat membangkitkan semangat Kepahlawanan dan Memperkokoh persatuan dan kesatuan,”ujarnya.
Diakuinya, peserta gerak jalan ada peningkatan 105 persen dibanding tahun  tahun 2012 sebanyak 3.630 peserta. Sedangkan tahun 2013 ini mencapai 7.412 peserta/orang.
“Peserta tahun ini tidak hanya dari  Gresik, Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto melainkan juga diikuti peserta dari Sragen, Semarang, dan Garut Provinsi Jawa Barat” ungkapnya..
Adapun rincian peserta  gerak jalan tradisional Balongpanggang-Gresik terdiri dari kelas beregu umum 383 regu, beregu SMA sederajat  39 regu, beregu SMP sederajat  38 regu dan peerorangan 272 peserta. Tentang pengumuman pemenang, Siswadi mengatakan akan ditentukan kemuadian.
 “Sekitar tanggal 5 Desember 2013 melalui Web resmi Pemkab Gresik” ujarnya.
 Gerak jalan tradisional Balongpanggang Gresik yang memperebutkan Hadiah total senilai Rp. 87 juta. (sho)



0 komentar for "Peserta Gerak Jalan Balongpanggang-Gresik Naik 105 Persen"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama