BERITA HARI INI

Bupati Soroti Harga Darah Mahal


GRESIK-Harga darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Gresik dinilai masih terlalu mahal. Untuk itu, Bupati Sambari minta agar bisa ditekan seminimal mungkin kalau bisa digratiskan.
"Saya tahu para pendonor yang berkumpul disini ini berharap darahnya bisa dipakai amal ibadah untuk pahala di akhirat kelak,"ujarnya saat membuka Musyawarah Kerja (Muker) PMI Gresik tahun 2013 yang berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik, Senin (25/11).
Sedangkan , Sekda Gresik yang juga ketua PMI Gresik, M. Nadjib menyatakan harga darah di PMI Gresik paling murah di Jawa Timur bahkan se Indonesia.
Terkait harga darah yang terlalu murah. Wakil Ketua II PMI Gresik, dr. Sri Rahayu mengatakan, saat ini tarif yang dikenakan untuk I kantong darah sebesar Rp. 180 ribu perbag. Padahal perhitungan perkiraan unit cost Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD) sebesar Rp. 524 ribu perbag.
"Dengan harga tersebut biaya subsidinya memang terlalu besar. Untungnya kami banyak dibantu oleh berbagai elemen termasuk bantuan Bank Darah dari Rotary Club yang sangat berguna untuk penyimpanan darah agar lebih lama" katanya. 
Seelain melayani 8 unit pelayanan kesehatan dan RS milik pemerintah maupun swasta di Gresik, kata Sri Rahayu, sPMI Gresik juga melayani 29 RS di luar wilayah Gresik.
"Selama ini PMI Gresik masih melayani Rumah Sakit sekitar Gresik yaitu Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Mojokerto dan Surabaya,"pungkasnya. (sho).

0 komentar for "Bupati Soroti Harga Darah Mahal"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama