BERITA HARI INI

Aneh, Cetak Foto Kepala Daerah sudah Didanai APBD masih Dipungli


GRESIK-Kalangan dewan kaget dengan keluhan dari kepala sekolah (Kepsek) di Kabupaten Gresik terkait pungutan liar (pungli) di Dinas Pendidikan (Disdik) Gresik berkedok kewajiban membeli foto pasangan kepala daerah yakni Bupati Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati (Wabup) Moh Qosim yang dibingkai dalam pigura seharga Rp. 200 ribu.
"Lho, kan sudah ada anggarannya. Kenapa masih ada pungutan lagi. Jelas, itu pungli,"semprot Ketua Komisi D, Drs. Chumaidi Ma'un dengan nada tinggi, Rabu (27/11).
Ternyata, dalam APBD Gresik Tahun 2013 di pos Sekretariat Daerah untuk pos penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor dengan kode rekening 1.20.1.20.03.01.13.5.2.3.28.01 tertulis belanja modal pengadaan lukisan dan foto Rp 25 juta.
"Kita sudah menerima keluhan dari Ketua PAUD (Pendidikan Usia Usia Dini)Kecamatan Menganti, Bu Nur Azizah yang mengeluhkan pungli itu. Secepatnya, kita akan mengklarifikasi ke Dinas Pendidikan, kenapa masih ada pungutan lagi,"tandasnya.
Sebelumnya, kepala taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) hingga SMA sederajat di Kecamatan Driyorejo mengeluhkan adanya pungli tersebut. Mereka disuruh mengambil gambar foto pasangan Bupati Sambari Halim Radianto-Wabup M Qosim ke Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan di Kecamatan Driyorejo. Saat mengambil ke UPTD, ternyata diminta membayar uang pengganti sebesar Rp 200 ribu. Alasannya, sebagai biaya pengadaannya.
Sebab, ada instruksi dari UPTD Dinas Pendidikan di setiap kecamatan untuk mengganti foto pasangan bupati-wabup versi terbaru yang dipasang setiap kelas.
Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Gresik, Nadlif kepada wartawan membenarkan adanya pergantian foto pasangan Bupati Sambari Halim Radianto dengan Wabup Moh Qosim untuk sekolah-sekolah tersebut. Namun, sifatnya sukarela dan tidak membebani pihak sekolah atau menggunakan uang dari siswa.
"Mekanismenya, setiap sekolah memesan ke UPTD di kecamatan masing-masing. Selanjugnya UPT melanjutkan ke Bagian Perlengkapan Setkab Gresik dengan biaya Rp 200 ribu sepasang,"tandasnya.
Dijelaskan, foto pasangan Bupati Sambari Halim Radianto dengan Wabup Moh Qosim sudah lama tidak diganti. Namun sejak Nopember 2013 ini, sudah ada foto terbaru.
"Tidak ada paksaan untuk mengganti foto dengan terbaru. Itu murni sukarela bukan memaksa," pungkasnya.
Sementara itu, Kabag Perlengkapan Pemkab Gresik, Nanang yang dikonfirmasi melalui Kabag Humas Agus Setya P menyatakan, bahwa, foto bupati dan wakil bupati yang terbaru sudah di upload di website Kabupaten Gresik.
"Jadi, semua lembaga pemerintahan bisa download dan di cetak sendiri,"pungkasnya.(sho)

0 komentar for "Aneh, Cetak Foto Kepala Daerah sudah Didanai APBD masih Dipungli"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama