BERITA HARI INI

PKL Ganti Ngluruk Kantor Bupati


GRESIK-Janji PKL Pasar Baru Gresik (PBG) untuk ngluruk kantor Bupati Gresik, akhirnya ditepati, Selasa (1/10).
Sama seperti ketika unjukrasa di gedung dewan, mereka juga mengarat-arit halaman kantor Bupati Gresik dengan sayuran dan buah-buahan yang membusuk.
Bedanya, mereka yang datang dengan menumpang 1 mobil pick up dan sepeda motor tersebut, tidak membawa rombong bakso, geledekan maupun keranjang yang biasa digunakan berdagang.
Setelah melakukan orasi, perwakilan PKL yang menuntut agar Bupati Gresik mengizinkan untuk berjualan kembali di jalan Gubernur Suryo dan Samanhudi tersebut. diterima oleh Bupati yang berlangsung di ruang Puteri Cempo, Kantor Bupati Gresik.
Dalam dialog tersebut, Bupati Dr. Sambari Halim Radianto tetap tegas yaitu Jalan Gubernur Suryo dan Jalan Samanhudi steril dari PKL.
Sebagaimana diketahui. sejak Senin (23/9) lalu, PKL ditertibkan oleh petugas gabungan yang terdiri dari anggota Satpol PP, Dinas Perhubungan, anggota Polres Gresik dan anggota Kodim 0817 Gresik. Sejak saat itu, praktis mereka tak berjualan lagi. Apalagi lokasinya dijaga selama 24 jam oleh anggota Satpol PP Gresik.
Pemkab Gresik sendiri telah menyiapkan tempat berjualan yaitu di lahan milik Multi Sarana Plaza (MSP). Tapi, para PKL dalam audiensi mengaku jualannya tidak laku, ada yang beralasan tidak mampu untuk bayar dan ada juga yang beralasan tempatnya tidak layak. Seperti yang disampaikan Marsilan pedagang buah yang menyatakan keberatan dengan uang muka yang mencapai Rp. 1,3 juta.
Dalam audiensi tersebut, Bupati, Wakil Bupati Gresik, Asisten II dan Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian (Dispopperindag) Gresik berusaha memberikan beberapa opsi. Yakni Bupati memberikan keringanan biaya sampai 50%.
"Kami akan mensubsidi separo, anda hanya bayar setengahnya saja" kata Bupati dihadapan para perwakilan PKL.
Kendati demikian, salah satu pedagang sate bernama Sutirah merasa keberatan.
"Kami tidak punya pak. Silahkan bapak melihat kerumah saya," tantangnya.
Akhirny, Wakil Bupati Drs. Moh Qosim, M.Si berjanji akan mensurvey keadaan pedagang satu persatu. "Kalau memang mereka tidak punya kami akan membantu seoptimal mungkin,"tandasnya.(sho)

0 komentar for "PKL Ganti Ngluruk Kantor Bupati"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama