BERITA HARI INI

KWSG Jadi Koperasi Indonesia Pertama Diakui Kelas Dunia


GRESIK-Sejarah ditorehakn oleh i koperasi milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yakni Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) sebagai koperasi pertama di Indonesia yang mampu menembus koperasi kelas dunia menurut International Co-operative Alliance (ICA)yang akan diumumkan pada 5 Nopember 2013 dalam ajang ICA Global 300.
ICA merupakan organisasi non pemerintah yang memiliki serikat koperasi di seluruh dunia, perusahaan yang berdiri sejak tahun 1895 tersebut memiliki 269 federasi koperasi di 94 negara di Afrika, Asia, Pasifik, dan Amerika yang sudah di akui dunia dengan eksistensinya sebagai Lembaga Koperasi Internasional. Hingga 2013 ICA memiliki anggota sebanyak 1 millyar yang berada di seluruh dunia.
Direktur Utama (Dirut) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Dwi Soetjipto mengatakan, bahwa, pihaknya sangat bangga dengan penghargaan ICA tersebut.
"Kami sangat bangga atas penghargaan yang dicapai Koperasi Warga Semen Gresik yang masuk dalam Koperasi terbesar kelas dunia,"ujarnya dalam disela-sela press conference Lomba Karya Jurnalistik Tulis dan Foto Bagi Wartawan dan Mahasiswa ke II Tahun 2013 di gedung Pusat Penelitian Semen (PPS), Jum'at (11/10)..
Dengan visi menjadi koperasi serba usaha di bidang perdagangan barang dan jasa terbaik dan terbesar di Indonesia, kini koperasi yang berumur 50 tahun tersebut menunjukan kinerja terbaiknya dengan terus meningkatnya pengembangan usaha diberbagai lini.
Usaha tersebut dikembangkan dalam bidang simpan pinjam, pertokoan, percetakan dan jasa boga, perdagangan umum, ekspedisi serta perdagangan bahan bangunan.
Dalam menggeluti bisnisnya KWSG juga memiliki jaringan usaha bidang penanaman modal dan memiliki saham pada PT Varia Usaha sebesar 26,35%, PT Swadaya Graha 4,46%, PT SGG Energi Prima 3% dan PT SGG Prima beton 0,001%,
Sementara itu, Ketua Pengurus KWSG Edi Kartika mengatakan, bahwa, pihaknya akan terus meningkatkan kinerja koperasi dengan mengembangkan usaha di berbagai bidang.
"Hal ini tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, pegawai dan pemangku kepentingan. Kami juga akan terus memperkuat lini bisnis dengan jalan memperluas jaringan pasar dan varian produk,"tandasnya.
Saat ini, KWSG telah melakukan assesment competency terhadap jajaran pimpinan, job description serta training need anlysis kepada pegawai.
"Bagi kami, pemberdayaan SDM atau Human Capital menjadi fokus KWSG sehingga pegawai kami mampu membrikan innovasi baru bagi sepak terjang KWSG yang sudah mendunia ini, saatnya SDM kami bersaing dengan SDM di tingkat Internasional,"pungkasnya.(sho)

0 komentar for "KWSG Jadi Koperasi Indonesia Pertama Diakui Kelas Dunia"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama