BERITA HARI INI

Jembatan Sembayat Rawan Ambruk, Dewan Desak Bangun Baru


GRESIK-Kondisi jembatan Sembayat yang melintang diatas aliran sungai Bengawan Solo, kian memprihatinkan dan membahayakan bagi pengguna yang melintas jalur Pantai Utara (Pantura).
Selain konstruksinya sudah tua dan tidak layak karen pehyangganya sudah keropos.
Jembatan Sembayat yang berlokasi di Desa Sembayat terancaman ambruk. Saat ini yang dilakukan hanya tambal sulam. Selain itu, konstruksi balok baja sudah karatan. Bahkan, di bagian bawah badan jalan yang rusak konstruksi bajanya putus.
Anggota FKB DPRD Gresik Chumaidi Maun mendesak supaya dilakukan pembangunan jembatan baru.Jika tidak segera dilakukan pembangunan jembatan baru, pihaknya khawatir akan ada korban. Sebab, volume kendaraan yang melalui Jembatan Sembayat cukup tinggi.
"Sudah tidak layak jembatan dilewati. Karena sudah rusak konstruksinya. Masak harus menunggu ambruk dan jatuh korban baru dibangun. Jangan sampai terjadi," kata politisi asal Manyar tersebut, Kamis (10/10).
Jembatan Sembayat sendiri dibangun pada 1993 lalu. Saat ini, usianya sudah mencapai 20 tahun. Sehingga jembatan yang mempunyai panjang sekitar 350 meter itu sudah saatnya berganti.
"Saya sudah mendapat informasi kalau konstruksinya rusak. Baja yang dipakai sebagai bahan dasar konstruksinya sudah karatan dimana-mana," ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gresik Ir Bambang Isdianto kepada awak media menegaskan bahwa, pihaknya sudah koordinasi dengan Balai Besar untuk rencana pembangunan jembatan baru di Sembayat. Sebab, saat ini Jembatan Sembayat hanya dapat dilakukan perbaikan sementara.
"Memang ada rencana pembangunan jembatan baru," tukasnya.(sho)

0 komentar for "Jembatan Sembayat Rawan Ambruk, Dewan Desak Bangun Baru"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama