BERITA HARI INI

Puluhan Balita Ikut Lomba Balita Indonesia


GRESIK-Puluhan balita menampilkan bermacam interaksi ketika mengikuti  Lomba Balita Indonesia (LBI) yang berlangsung di aula Kantor Dinas Kesehatan Gresik, Kamis (19/9).
 Tingkah mereka semakin lucu dan menggemaskan ketika memasuki tahapan tes. Mulai dari tes administrasi, tes psikologi anak maupun penampilan performance anak.
Yang paling mengemaskan ketika tahapan tes psikologi  dimana anak-anak berkumpul diberikan bermacam mainan. Tak pelak, mereka saling merebut sesuatu yang menurut mereka menarik mulai dari segi warna maupun bunyi yang ditampilkan.
 "Apa ini ?,"ujar dr Rahayu Prihatini kepada salah satu anak sambil menunjukkan mainan untuk seleksi.
Ada anak yang menjawab, obil, ngeng, bis dan bahkan ada yang membawa hop. Ketika ditanyakan kepada ibunya alasan anaknya menjawab hop, lantas dijelaskan kalau diajak naik motor bersama dan bersinggungan dengan bis, ibunya yang dibonceng bapaknya dibelakang selalu bilang hop. 
Disela penilaian, dr. Rahayu Prihatini memberikan saran, sebaiknya para orang tua membiasakan sebanyak mungkin untuk berkomunikasi dengan anak. Melatih anak untuk bisa aktif dengan semua organ tubuhnya.
"Misalnya selama ini anak membiasakan diri menggunakan tangan kiri, hal ini jangan dilarang. Tapi diarahkan untuk melatih menggunakan tangan kanannya", katanya.
Yang penting juga, kata dr Rahayu P, jangan melarang anak misalnya naik tangga dan lain-lain, tapi orang tua membiarkan anak itu sambil menjaga kemungkinan agar anak tidak mendapat bahaya.
Ketua Panitia dr. Umi Choiroh menjelaskan, jumlah peserta lomba Balita Indonesia Sehat 2013, sebanyak 90 Balita. Mereka dikirim dari perwakilan Puskesmas dan Rumah sakit serta klinik swasta se Kabupaten Gresik.
"Lomba ini dibagi dalam 2 kategori yaitu Balita usia 6 bulan  sampai 24 bulan dan usia 2 tahun sampai 5 tahun", katanya.
Sedangkan kriterianya, balita harus memenuhi syarat tumbuh kembang optimal sesuai StimulasiDini Dan Interfensi Tumbuh Kembang (SDIDTK).
Kepala Dinas Kesehatan Gresik, dr. Sugeng Widodo berharap agar melalui kegiatan tersebut meningkatkan kepedulian petugas kesehatan dalam pembinaan tumbuh kembang anak. Selain itu, peningkatan kepedulian orang tua, keluarga dan masyarakat dalam pembinaan tumbuh kembang anak.
"Selain mendapat Piala, Hadiah dan piagam, para Juara yang memenangkan lomba Balita Sehat Indonesia kali ini bisa mewakili pada lomba Balita Sehat Indonesia tingkat Propinsi Jawa Timur,":pungkasnya. (sho)


0 komentar for "Puluhan Balita Ikut Lomba Balita Indonesia"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama