BERITA HARI INI

Blantik Ikuti Bintek Kelola Pasar Hewan


GRESIK-Pengelola pasar ternak atau blantik diundang di Kantor Subdin Peternakan Gresik, Kamis (12/9) terkait bantuan dari pemerintah pusat untuk membangun prasarana Pasar Hewan Surowiti Kecamatan Panceng.,
Sarana dan prasarana tersebut meliputi tempat pemeriksaan hewan, timbangan ternak, tempat parkir untuk bongkar muat ternak, toilet serta sarana perkantoran pasar ternak.
Undangan tersebut juga dalam rangka.  bimbingan teknis (bintek)kepada sejumlah pengelola Pasar Hewan
Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Sentot Supriyohadi melalui Kabag Humas Agus Setya Prambudi menjelaskan, pemerintah pusat telah melakukan survei.
"Ada syarat khusus untuk pemberian bantuan tersebut yaitu, Bangunan pasar harus berdiri ditanah Negara atau paling tidak status tanah tersebut merupakan Tanah Kas Desa (TKD)," jelasnya.
Terkait bintek para pengelola pasar hewan tersebut, Sentot mengatakan, bahwa, pihaknya mempersiapkan para Pengelola Pasar ternak dalam menghadapi berbagai tantangan. Terutama dalam peningkatan nilai tambah, mutu dan daya saing hasil peternakan di pasar domestic maupun international.
"Kami memberikan contoh beberapa pasar ternak yang dikelola dengan manajemen baru yang lebih modern. Beberapa pasar ternak ini ada di Jawa Timur," katanya.
Sementara Kasubdin Peternakan Nunung Dyah Sulistyawati mengatakan, bahwa, ada 4 lokasi pasar hewan di Gresik yakni Pasar Hewan Kedungpring Kecamatan Balongpanggang, Pasar Hewan Balongpanggang, Pasar Hewan Dukun dan Pasar Hewan Surowiti Kecamatan Panceng.
Untuk Pasar Hewan Surowiti Panceng seluas 5.800 m2 yang beraktifitas setiap hari Selasa. Hewan ternak di tempat ini ada sekitar 350 ekor sapi maupun kambing setiap pasaran.(sho).

0 komentar for "Blantik Ikuti Bintek Kelola Pasar Hewan"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama