BERITA HARI INI

Santri PP Mambaul Iksan Ngabuburit Digembleng Entrepeneur


GRESIK-Santri dan santriwati PP Mamba'ul Iksan Desa Banyu Urip Kecamatan Ujungpangkah digembleng entrepeneur selama bulan puasa dengan memanfaatkan ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa.
Ada 3 bidang yang diaplikasikan untuk menempa jiwa kewirausahaan santri dan santriwati.
Jika santri lelaki digembleng entrepeneur melalui bidang agribisnis. Dimana, mereka selama puasa dan ngabuburit diajari menanam sayur, menrawat, memanen hingga memasarkan ke konsumen,
Lokasi penanaman sayur-mayur berada dibelakang pondok. Siswa menanam bayam, sawi, kangkung maupun mentimun. Hasil panennnya dijual ke masyarakat disekitar pondok dengan berkeliling kampung.
"Hasilnya, kita gunakan untuk membayar biaya pendidikan di pondok. Sisanya, kita gunakan untuk kebutuhan lebaran nanti,"ujar salah satu santri, Miftahul Arifin dengan riang, Sabtu (03/08).
Sedangkan santriwati, ditempa dengan entrepeneur dibidanh tata boga dan tata busana sesuai dengan minatnya.
Bagi santri yang suka tata boga, mereka diajari membuat berbagai makanan dan kue untuk lebaran. Dan setiap tahun, olahan dari tangan terampil santriwati sudah dipesan oleh warga sekitar pondok.
Untuk santriwati yang gemar tata busana, mereka diajari mendesain busana untuk lebaran maupun seragam untuk kebutuhan santri dan santriwati di pondok.
Sementara itu, pemangku PP Mamba'ul Ihsan, Nafishul Athok atau Gus Athok menuturkan, bahwa, kegiatan ngabuburit tersebuy tidak menganggu aktifitas pondok.
"Kegiatan itu sekaligus menerapkan ilmu yang diperoleh dari mengaji di pondok. Dengan kegiatan ini, kita berharap santri dan santriwati semakin terlatih dan mandiri setelah lulus dari pondok nanti,"pungkasnya.(ang/sho)


0 komentar for "Santri PP Mambaul Iksan Ngabuburit Digembleng Entrepeneur"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama