BERITA HARI INI

Pimpinan Komisi Minta Jatah Mobdin Anyar


GRESIK- Pimpinan komisi di DPRD Gresik kabarnya menagih janji mobil operasional anyar seperti yang pernah disepakati untuk pembahasan APBD Gresik.
Untuk itu, diam-diam, para wakil rakyat melayangkan permintaan pengadaan mobdin baru.
Pengajuan mobdin anyar tersebut cukup aneh. Sebab, rencana tersebut sebelumnya sudah berkali-kali diajukan namun ditolak. Kenyataanya tetap saja rencana ini dilanjutkan.
Diproyeksikan pengadaan mobdin anyar itu bakal menelan dana hingga Rp 980 juta. Informasinya, rencana ini hampir dipastikan gol. Pasalnya, selain anggaran sudah dialokasikan, sejumlah kepentingan membuat eksekutif tidak berkutik untuk menolak permintaan tersebut
Rencana ganti mobdin itu terungkap dari bocoran rencana draf pembahasan perubahan APBD (P-APBD) Gresik 2013 yang segera dibahas dalam waktu dekat.
Dari plafon sementara, ada 4 mobdin yang bakal diberikan kepada DPRD Gresik bagi para pimpinan komisi.
Rencananya, mobil yang bakal diberikan adalah Toyota Innova keluaran terbaru, persis dengan mobdin yang dipakai oleh para pimpinan komisi saat ini. Bedanya, mobdin yang sekarang adalah keluaran tahun 2006. Karena dianggap uzur, akhirnya pimpinan komisi ramai-ramai minta ganti.
Mobil ini sendiri sama dengan kendaraan yang sudah diberikan Pemkab kepada para pejabat eselon II (selevel kepala dinas) dalam beberapa tahun anggaran terakhir. Untuk plafon anggarannya, per unit diberi pagu anggaran Rp 245 juta. Sehingga, diproyeksikan mobdin baru dewan bakal menelan dana Rp 980 juta.
Informasi yang dihimpun, kembali dimasukkannya rencana pengadaan mobdin itu tidak lepas dari banyaknya anggaran yang tak terserap melalui SILPA (sisa lebih penggunaan anggaran) APBD 2013 yang mencapai Rp 98 miliar.
"Akhirnya, jatah dana nganggur itu pun dipakai untuk sejumlah program anyar. Salah satunya pembelian mobdin baru," ujar salah satu sumber di dewan, Senin (12/08).
Sejumlah anggota badan anggaran (banggar) tidak mengelak dengan kabar itu. Hanya saja, mereka tetap memilih diplomatis.
"Jadi, usulan itu dimasukkan Pemkab. Bukan inisiatif kami kok," kata Ketua Komisi D, Chumaidi Maun kepada awak media.
Meski demikian, Chumaidi Maun menganggap wajar jika mobdin para ketua komisi diganti.
"Sebab, kondisi mobdin sekarang kurang layak. Milik saya sering rusak, terpaksa saya ganti onderdil sendiri," katanya.(sho)

0 komentar for "Pimpinan Komisi Minta Jatah Mobdin Anyar"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama