BERITA HARI INI

Perwira Seskoad Kunjungi Gresik


GRESIK-Sebanyak 15 perwira Sekolah Staf Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad) yang dipimpin oleh ketua rombongan Kol. Andreas mengadakan kunjungan ke Gresik yang diterima oleh seluruh pimpinan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan seluruh pejabat di ruang Grahita Eka Praja Kantor Bupati Gresik, Senin (26/08).
Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan mental para calon komandan dan aplikasi pembekalan dalam tugas untuk menduduki posisi yang sangat strategis.
"Ini sangat penting karena seorang pimpinan, harus tahu betul daerah teritorial yang akan di pimpinnya,"tandas Kol. Andreas.
Dijelaskannya, ada 2 tugas utama di tubuh TNI yaitu operasi militer perang dan operasi non perang.
"Untuk operasi non perang yaitu bagaimana cara kita dalam pendekatan dengan masyarakat. Seperti kegiatan sosial serta pemberdayaan masyarakat,"tuturnya.
Menariknya, salah satu dari 15 calon komandan berasal dari negara Pakistan yaitu Mayor Asif Azis Khan.
Bahkan, dia sempat bertanya tentang peran Kodim dalam membatu pemerintah daerah serta partisipasi masyarakat jika terjadi perang. Sebab, tidak ada Kodim atau wilayah teritorial di Pakistan. Tetapio hanya ada perang atau operasi militer perang.
Komandan Distrik Militer (Dandim) 0817 Gresik, Letkol CZI Awang Pramila menjelaskan bahwa keberadaan Kodim 0817 Gresik selalu mengadakan koordinasi dan membantu tugas-tugas
Pemkab Gresik terkait keamanan wilayah.
"Kalau terkait dengan partisipasi masyarakat jika ada perang, kita bagi 2 wilayah teritorial, yaitu logistik wilayah dan personil wilayah. Untuk personil, kami telah mempersiapkan personil seperti hansip, pramuka dan organisasi masyarakat sebagai tentara cadangan,"jelasnya.
Sementara itu, Bupati Dr. Sambari Halim Radianto menjelaskan bahwa keberadaan Gresik sangat kondusif. Hal tersebut tak lepas dari pemanfaatan koordinasi. dan kebersamaan antar pimpinan.
"Untuk koordinasi antar pimpinan di lingkungan pemerintah daerah di adakan setiap Minggu sekali. Sedang koordinasi antar pimpinan Forpimda diadakan setiap satu bulan sekali. Dari koordinasi inilah segala permasalahan di daerah bisa ter-cover dengan baik,"tuturnya.(sho)

0 komentar for "Perwira Seskoad Kunjungi Gresik"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama