BERITA HARI INI

Antispasi Kriminalitas dan Kecurangan Jasa Penukaran Uang


GRESIK-Jasa penukaran uang yang tersebar di sepanjang Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo diberikan himbauan atau pendekatan dialogis oleh Kasat Sabhara Polres Gresik, AKP Abdul Rokib untuk mencegah tindak kriminal maupun aksi curang yabg dilakukan penyedia jasa penukaran uang di pinggir jalan.
"Kita melakukan pemeriksaan pada jasa penukaran uang dipinggir jalan sebagai upaya preventif serta pendekatan dialogis. Jangan sampai ada satu atau dua lembar uang yang sengaja dikurangi sehingga merugikan masyarakat,"ujarnya, Kamis (25/07).
Sejauh hasil pemeriksaan yang dilakukan anggota Sabhara Polres Gresik, belum ditemukan adanya kecurangan dengan mengurangi jumlah uang yang menjadi komoditas transaksi.
"Sementara belum ada temuan uangnya berkurang,"pungkasnya.
Himbauan lain dari AKP Abdul Rokib yang diberikan kepada penjual jasa penukaran uang yakni usahanya jangan sampai menjadi sasaran pelaku tindak kriminal. Sebab, ada kemungkinan penjahat yang akan membawa kabur uang yang dibeber oleh penjual jasa penukaran uang tersebut.
"Saya minta, antar penjual jasa penukaran uang jangan saling berjauhan sesama teman. Minimal harus ada temannya,"papar Abdul Rokib.
Sedangkan salah satu penjual jasa penukaran uang yang mangkal di depan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Gresik bernama Sholahudin (35) mengaku kalau ada masyarakat yang komplain akan uang yang berkurang, maka akan dilayani dengan meminta identitas diri (KTP) untuk dicatat dan ditindaklanjuti.
"Kalau ada yang komplain, kita minta meninggalkan copy identitasnya dan kita catat untuk tindaklanjuti,"ujar lelaki yang mengaku berasal dari Desa Wadak Lor Kecamatan Duduksampeyan itu.
Dalam menjalanakan usahanaya, Sholahudin menjual uang pecahan senilai Rp. 100.000,- ribu menjadi sebesar Rp. 110.000,-.
Keberadaan jasa penukaran uang menjelang lebaran, bagi masyarakat dirasakan sangat membantu. Seperti pengakuan Heru (37) warga asal Bulurejo kecamatan Benjeng yang kebetulan tukar uang pecahan tersebut.
"Kita merasa terbantu dengan adanya tukar uang ini. Saya tukar uang untuk persiapan lebaran,"puyngkasnya(sho)


0 komentar for "Antispasi Kriminalitas dan Kecurangan Jasa Penukaran Uang"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama