BERITA HARI INI

Wabup : Gresik Primadona Investasi Di Jatim


GRESIK- Gresik bak primadona dalam dunia investasi di Jawa Timur. Sebab, sejak tahun 2011 lalu, realisasi investasi yang masuk ke wilayah Gresik sebesar Rp. 15,2 trilyun dan USD 1,09 milyar. Sedangkan pada tahun 2012, realisasi investasi masuk mencapai Rp. 14,842 triyun dan US$ 1,84 milyar. Saat ini Pemerintah Kabupaten Gresik telah menyiapkan lahan seluas 3.000 ha untuk perusahaan. Dari 3000 ha lahan yang dipersiapkan tersebut, 1400 hektar telah dibebaskan" kata Wakil Bupati Drs. Moh Qosim M.Si saat membuka sosialisasi kebijakan pembangunan perekonomian nasional dan kebijakan penanaman modal di dalam negeri tahun 2013 yang berlangsung di kantor Bupati Gresik dengan narasumber. Iskandar D. Syaichu (anggota Komisi VI DPR RI), Dr. Ir. M. Rudy Salahudin, MEM (Direktur Pengembangan Promosi BKPM) dan Slamet Purwosantoso (Inspektur BKPM)., Rabu (19/6).
Untuk mengukur keseriusan daerah dalam menarik investasi, kata telah dilakukan pemetaan potensi daerah, membangun dan mengembangkan infrastruktur, regulasi untuk kepastian hukum berinvestasi, menyelenggarakan pelayanan investasi satu atap, mengembangkan kebijakan perburuhan yang kondusif dan menyiapkan SDM sesuai standar kualifikasi.
Kepala Badan Penanaman Modal dan Perijinan (BBPM) Gresik, Agus Mualif mengupas berbagai makalah yaitu tentang kebijakan terkait penanaman modal, penyampaian peraturan kepala BKPM No. 14 Tahun 2011 tentang standar pelayanan minimum (SPM) dan petunjuk teknisnya, serta makalah yang lain yaitu tentang pedoman tata cara perizinan dan non perizinan penanaman modal.
Agus Mualif menyebutkan, sejak tahun 2011 pihaknya telah mengeluarkan izin rata-rata 2500 izin pertahun. Izin tersebut masing-masing izin pemanfaatan ruang, izin lokasi, Izin mendirikan Bangunan (IMB), HO dan beberapa non perijinan lainnya.
Pada tahun 2011 saja, BPMP Gresik telah mengeluarkan izin sebanyak 2.628 izin dan tahun 2012 dikeluarkan sebanyak 2.417 izin. Selain itu Agus Mualif mengaku juga melaksanakan fasilitasi perselisihanantar perusahaan atau antara perusahaan dan masyarakat.(sho)


0 komentar for "Wabup : Gresik Primadona Investasi Di Jatim"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama