BERITA HARI INI

PT Varia Usaha Tambah Armada Kapal Kargo


GRESIK- Bisnis yang dijalankan PT Varia Usaha (VU) sebagai anak perusahaan PT Semen Indonesia (persero) Tbk (PTSI) semakin berkembang. Untuk itu, VU menambah investasi dengan pembelian kapal kargo KM Madu senilai Rp 5 milyar.
Kapal yang mampu mengangkut 1.700 ton semen itu diharapkan menjadi problem solving dalam distribusi kebutuhan semen di daerah pedalaman yang sarana transportasinya melalui aliran sungai.
Menurut Direktur Utama PT Varia Usaha, Sunardi Prionomurti, bahwa,
pembelian kapal kargo tersbut merupakan kapal ketiga melalui perusahaan PT Varia Usaha Lintas Segara bergerak di bidang jasa transpotasi laut.
"PT Varia Usaha Lintas Segara telah mengoperasikan 12 kapal. Dari total itu, 7 kapal kargo dan 5 kapal tongkang. Kapal kargo bernama KM Madu ini merupakan kapal ketiga yang dioperasikan," ujarnya disela-sela launching KM Madu di pelabuhan khusus PTSI, Senin (17/06).
KM Madu saat ini dioperasikan dengan mengangkut semen 1700 ton ke Pulang Pisau, Kalteng. Ukuran dan bobot kapal tersebut sangat cocok untuk pelabuhan kecil seperti di Provinsi Kalimantan dan NTT.
"Meski belinya bekas kapal ini masih layak berlayar di perairan Indonesia. Pasalnya, hasil studi dari ITS Surabaya KM Madu masih layak beroperasi," tuturnya.
Dengan penambahan KM Madu tersebut, lanjut Sunardi Prionomurti, merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan efisiensi biaya transportasi BBM jika mengirim semen lewat jalur darat. Selain itu, juga untuk mengimbangi demand semen utamanya di Kalimantan.
"Selama ini pengiriman semen ke Kalimantan khususnya Sampit dan Pulang Pisau, Kalteng lewat Banjarmasin untuk bongkarnya. Tapi, adanya kapal kargo ketiga ini pengiriman semen ke Kalimantan bisa direct. Sebab, KM Madu didesain bisa mengarungi sungai," tandasnya.
Sementara itu, Direktur Operasional VU, Mufti Ari Mukti mengatakan bahwa, pihaknya juga akan memiliki kapal curah.
Ditambahkan, VU juga mendapat pengakuan dari kalangan bisnis internasional dengan konsep one stop shoping karena logistic integrerd systrem.(sho)

0 komentar for "PT Varia Usaha Tambah Armada Kapal Kargo"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama