BERITA HARI INI

Pelindo III dan Investor Bangun Pelabuhan Internasional, Bukan Pemkab Gresik


GRESIK- Kendati pembangunan Pelabuhan Internasional di Kalimireng, Kecamatan Manyar murni dibiayai oleh investor yakni PT Pelindo III dengan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) bersama PT Aneka Kimia Raya (AKR), namun Pemkab Gresik mengklaim seolah keberhasilan pemerintah daerah.
Bahkan dibawah guyuran hujan, persiapan pembangunan diawali dengan doa bersama dan santunan anak yatim, Senin (20/05).
Sedikitnya 2.000 anak yatim piatu, Kyai, Kepolisian, Kodim, dan Direktur Utama PT Pelindo III (Persero) DJarwo Surjanto hadir dalam kegiatan tersebut.
"Dengan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Gresik yang dimediasi PT Pelindo III dengan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) bersama PT Aneka Kimia Raya (AKR) telah dimulai persiapan pembangunan di Kecamatan Manyar. Ini persiapan awal. Mudah-mudahan bulan depan akan di launching pembangunan Pelabuhan Internasional," kata Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dalam sambutannya.
Sebenarnya, pelabuhan Internasional Kali Mireng sudah digagas hampir 13 tahun silam ketika Sambari Halim Radianto menjabat Wakil Bupati Gresik. Celakanya, ijin prinsip dan ijin lokasi dikuasai oleh 'makelar' perijinan.
Sialnya, makelar perijinan tersebut tidak memiliki uang untuk melakukan pembebasan tanah maupun pengurukan lahan dari bahan galian C untuk kebutuhan pelabuhan internasional. Alhasil, pelabuhan internasional hanya wacana meskipun ada investor yang bersedia masuk.
Selain itu, Bupati Sambari Halim Radianto sebelumnya dihadapan dewan mengaku bahwa peran Pemkab Gresik hanya di perijinan yakni ijin prinsip dan ijin lokasi.
Sehingga, peran pemerintah daerah tidak signifikant karena tanpa penyertaan modal.
"Kalau pembangunan pelabuhan internasional diklaim sebagai keberhasilan pemerintah, maka alangkah lucunya,"sahut Ketua Komisi B, H.M.Syaikhu dengan senyum sinis di gedung DPRD Gresik.
Sebab, kata politisi dari F-PKNU tersebut, investor dan PT Pelindo III yang membangun.(sho)

0 komentar for "Pelindo III dan Investor Bangun Pelabuhan Internasional, Bukan Pemkab Gresik"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama