BERITA HARI INI

Ansor Driyorejo Gelar Pawai Lingkungan Basmi Sampah


GRESIK-Ribuan siswa se-Kecamatan Driyorejo mengikuti pawai mengitari kompleks perumahan Kota Baru Driyorejo (KBD) Selasa (17/6).
Yang menarik, seragam yang mereka kenakan bukanlah pakaian biasa melainkan terbuat dari aneka sampah yang telah didaur-ulang.
Pawai Lingkungan Basmi Sampah itu menjadi tontonan menarik warga di sepanjang KBD.
''Ini adalah bagian dari gerakan peduli lingkungan yang harus ditanamkan ke siswa sejak dini," kata Sholahuddin Al Ayubi, koordinator acara didampingi Musyafa dari LSM Sahabat Bumi.
Pawai tersebut start dari halaman SMKN 1 Driyorejo menyusuri areal KBD. Mereka terbagi dalam sekolah masing-masing yang berjumlah 45 sekolah.
Menurut Sholahuddin, kegiatan tersebut merupakan puncak acara untuk memperingari Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014. Acara itu sengaja dikemas sebagai wujud keperihatinan terhadap bahaya sampah. Baik sampah rumah tangga lebih-lebih sampah yang dihasilkan oleh industri.
Acara tersebut digelar oleh GP Ansor PAC Driyorejo dan Asosiasi Kepala Desa (AKD) se-Driyorejo dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik itu dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Moh Qosim.
Dalam sambutannya, Qosim menyatakan apreasi terhadap acara itu. Menurutnya, kegiatan itu sangat positif menanamkan kesadaran cinta lingkungan ke siswa. '
'Bukan hanya siswa, masyarakat secara umum juga jadi tahu tentang bahaya sampah," ujarnya.
Sejumlah pelaku industri dan aktivis pecinta lingkungan Driyorejo juga hadir. Asosiasi pengusaha, perangkat desa dan aktivis langsung melakukan deklarasi bebas sampah.
Deklarasi yang disaksikan oleh Wabup Moh Qosim berisi empat poin. Yaitu menjaga dan melestarikan lingkungan di wilayah Driyorejo, melaksanakan program pengelolaan sampah, tertib membuang sampah dan mendorong pemerintah agar menyediakan sarana-prasarana pendukung pembuangan sampah. Acara diakhiri dengan aksi penanaman pohon di halaman SMKN 1 Driyorejo yang dipimpin Wabup Moh Qosim. (sho)


Powered by Telkomsel BlackBerry®

0 komentar for "Ansor Driyorejo Gelar Pawai Lingkungan Basmi Sampah"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama