BERITA HARI INI

MTs Raden Fatah Lestarikan Budaya Indonesia yang Islami


GRESIK - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Raden Fatah Desa Kesamben Wetan, Kecamatan Driyorejo memiliki cara sendiri dalam membentuk karakter, melestarikan dan mengenalkan budaya Indonesia serta Islami bagi siswa-siswinya.
Untuk itu, mereka melakukan takbir keliling membuat kreasi miniatur simbol-simbol Islam. Kegiatan tersebut diikuti sedikitnya ada 500 siswa -siswi mulai kelas VII, VII, IX.
Kreasinya yaitu membuat miniatur Ka'bah, miniatur hewan Unta, Ondel-ondel khas Betawi dan miniatur Masjid.
Yang tak kalah menarik, pakaian siswa-siswi harus menyesuaikan miniatur yang dibuat. Misalnya, Unta dan Ka'bah, pakaianya harus seperti pakaian orang Arab yaitu berjubah.
Dari hasil membuat miniatur kebudayaan Islam tersebut diarak keliling Desa yang jaraknya mencapai 5 kilometer melintasi Perumahan Sumput Asri, Desa Sumput, Dusun Pidodo, Desa Kesamben Wetan dan berakhir di MTs Raden Fatah.
"Kegiatan ini bertujuan mengenalkan budaya Islami dengan kolaborasi Indonesia dengan Timur Tengah," kata Kepala MTs Raden Fatah, Sutrisno kepada awak media, Selasa (15/10).
Acara yang dikemas dalam takbir keliling ini dilombakan kepada siswa-siswi dengan kriteria, kreativitas membuat keindahan miniatur lambang-lambang Islam, keutuhan rombongan mulai berangkat sampai selesai dan kekompakan.
Kegiatan tersebut sangat disenangi siswa-siswi sebab bisa memberikan pengalaman tentang lambang-lambang Islam dan melestarikan budaya Islami.(sho)

0 komentar for "MTs Raden Fatah Lestarikan Budaya Indonesia yang Islami"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama