BERITA HARI INI

Dewan Kejar Tayang Akhir Tahun ?


GRESIK-Jelang tutup akhir tahun anggaran, tampaknya para legislator seakan kejar tayang. Buktinya, mereka banyak menghabiskan waktu pergi ke luar daerah dengan berbagai agenda yang disusun. Sebab, DPRD Gresik seolah khawatir alokasi anggarannya hangus karena tidak terserap sehingga kembali dalam kas daerah yang masuk dalam Silpa (sisa lebih perhitungan anggaran).
Buktinya, seluruh legislator boyongan untuk  mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di salah satu hotel di Malang selama 3 hari terhitung Senin (21/10) sampai Rabu (23/10) ini. Praktis, gedung rakyat kosong melompong  tanpa ada aktifitas.
"Kita pergi bimtek selama 3 hari,"ujar anggota DPRD Gresik, A. Kusrianto sebelum berangkat mengikuti bintek ke Malang.
Dalam pantauan, anggota dewan berangkat ke Malang tanpa disediakan bus. Mereka berangkat sendiri dengan fasilitas mobil dinas ataupun berangkat secara rombongan kecil dengan mobil pribadi.
Untuk diketahui. seluruh anggota DPRD Gresik boyongan ke salah satu hotel di Surabaya, pekan lalu. Alasannya, rapat dengan konsultan dari perguruan tinggi (PT) terkait draft rancangan peraturan daerah (Ranperda) melalui usul prakarsa atau hak inisitiatif sebelum dilakukan pembahasan dalam Program Legislasi Daerah (Polegda) Tahap II Tahun 2013.Ada 4 buah  Ranperda hak inisiatif dewan melalui Komisi dan Banleg DPRD Gresik yang tersisa tetapi telah ditetapkan untuk dibahas dalam Prolegda Tahap II Tahun 2013.
Yakni Ranperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan di Kabupaten Gresik, Ranperda tentang tentang Ketertiban Umum, Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan Agama dan Keagamaan dan Ranperda tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan.
Yang menarik, ada 1buah Ranperda hak inisiatif dewan yang dikeluarkan dalam Prolegda Tahap II Tahun 2013 yakni Ranperda tentang Penyelenggaraan Perijinan dan Pendaftaran di Bidang Perindustrian dan Perdagangan.
Sebaliknya, eksekutif juga banyak mengeluarkan Ranperda yang sudah ditetapkan dalam Prolegda Tahap II tahun 2013. Yakni, Ranperda tentang Perusahaan Induk (Holding Company) BUMD Kabupaten Gresik,  Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Gresik, Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Kebomas, Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Cerme, Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Bungah, Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Manyar dan  Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Ujungpangkah.
Kemudian ranperda tersebut diganti dengan Ranperda tentang Penyertaan Modal  Perusahaan Daearah Bank Pasar, Ranperda  Perubahan atas Perda 22 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi  Kependudukan, Ranperda tentang Perubahan Perda 3 Tahun 2011 tentang RPJMD 2011-2015 dan Ranperda tentang PDAM Giri Tirta.(sho) 

0 komentar for "Dewan Kejar Tayang Akhir Tahun ?"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama