BERITA HARI INI

200 Siswa Ikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan


GRESIK- Sebanyak 200 siswa SMA mengikuti sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlangsung di ruang Puteri Cempo Kantor Bupati Gresik, Sabtu (19/10).
Anggota Komis X DPR RI, Vena Melinda dan anggota DPR RI Komisi III, Himmatu Alya Setyawati yang memberikan materi sosialisasi.
Vena Melinda mengaku kalau kedatangannya ke Kabupaten Gresik untuk memberikan materi sosialisasi karena ingin memotivasi remaja dan pelajar Gresik untuk lebih memahami demokrasi.
"Agar mereka lebih paham tentang empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara" katanya.
Empat Pilar Kebangsaan tersebut yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.
Sementara anggota DPR RI Komisi III, Himmatu Alya Setyawati dalam paparannya mengajak para pelajar untuk memberikan masukan serta saran. Terutama keberadaan UUD 1945 dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Alumni Fakultas Hukum UI tersebut, menjelaskan peran serta lembaga tinggi negara, termasuk Mahkamah Konstitusi (MK).
"Mahkamah Konstitusi adalah lembaga baru yang dibentuk setelah reformasi. Lembaga ini yang memberikan keputusan final tentang sengketa hukum. Misalnya keputusan tentang sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)" katanya.(sho)

0 komentar for "200 Siswa Ikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama