BERITA HARI INI

Calhaj Gresik Tak Dibantu Bis Gratis


GRESIK-Calon Jamaah Haji (CJH) asal Gresik dipastikan tidak menerima bantuan dari Pemkab Gresik berupa fasilitas bus gratis untuk mengantar keberangkatan ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.
Pasalnya, Pemkab Gresik melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) tidak mengajukan anggaran fasilitasi jamaah haji dalam Perubahan APBD Gresik Tahun 2013. Tetapi, hanya menyediakan anggaran untuk seremonial pemberangkatan oleh Bupati Sambari Halim Radianto.
"Dalam pembahasan P-APBD Gresik Tahun 2013, kita sudah menawarkan kepada Bagian Kesra untuk penambahan anggaran fasilitasi haji, tetapi tidak mau,"ujar Ketua Komisi D, Drs. Chumaidi Maun dengan nada serius,Senin (16/9).
Padahal, sambung politisi dari PKB tersebut, forum Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) sudah mengajukan permohonan ke dewan agar dianggarakan bantuan bus gratis tersebut.
Hal tersebut dibenarkan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Gresik, Khoiruddin Usman yang mengakui kalau Forum KBIH mengajukan bantuan bus gratis melalui dewan.
"KBIH sangat senang kalau ada bantuan itu. Karena tidak ada bantuan dari Pemkab Gresik, maka Forum KBIH menyediakan bus sendiri untuk keberangkatan calon jamaah haji,"paparnya.
Dijelaskan Khoiruddin, CJH yang berangkat dari Gresik sebanyak 1.345 dari data awal sebanyak 1.474 CHJ. Menysusutnya jumlah CJH karena mutasi ataupun meninggal dunia dan sakit.
"Mutasi masuk ada 30 CJH, mutasi keluar ada 155 CHJ. Sedang, CHJ yang meninggal sebelum berangkat ada 3 orang. Baru seminggu sebelum berangkat, meninggal dunia. Padahal, sudah menerima SPMA. Dan 1 orang sedang sakit sehingga gagal berangkat,"urainya.
Ditambahkannya, CJH asal Gresik lebih banyak yang mutasi ke luar yakni ke Surabaya dan Sidoarjo karena alasan bergabung sama keluarga.
"Dari 155 CHJ yang mutasi keluar, 4 CJH mutasi luar propinsi atau lintas embarlkasi,"terangnya.
Bagi CJH yang meninggal dunia, secara sistem penyelenggaraan haji tak dapat diganti oleh keluarganya. Melainkan, pengisian kuota oleh CJH yang ada dibawahnya.
CJH Gresik sendiri bergabung dalam 4 kloter yakni kloter 14, 15, 16, 43. Untuk kloter 14, pemberangkatannya dilepas oleh Bupati Sambari di Halaman Kantor Bupati Gresik, Selasa (17/9).
"Kloter 43 yang jumlah CJH 67 orang berangkat 29 September nanti. CJH itu jamaah pondok Maskumambang-Dukun,"pungkasnya.(sho) .

0 komentar for "Calhaj Gresik Tak Dibantu Bis Gratis"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama