BERITA HARI INI

Pelayaran Gresik-Bawean masih Lumpuh


GRESIK-Pelayaran Gresik-Bawean dikhawatirkan masih lumpuh hingga dengan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur pada Kamis (29/08) nanti.
Sebab, ketinggian gelombang masih mencapai 4 meter. Sedangkan kapal barang maupun penumpang yang melayani jalur Gresik-Bawean, tidak ada yang lambung kapal diatas 4 meter.
""Dari laporan Mingguan yang kita terima dari BMKG, gelombang tinggi berlangsung sampai 29 Agustus nanti,"ujar Kasi Kepelabuhanan Kantor Otoritas Kesyahbandaran Gresik, Nanang Affandi di kantornya, Senin (26/08).
Ditambahkan, pihaknya sudah melakukan sudah koordinasi dengan PT. Dharma Lautan Utama (DLU) maupun Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik untuk mencari solusi agar penumpang Gresik-Bawean dapat diangkut.
"Karena lambung kapal DLU masih dibawah 4 meter, jadi tak boleh berlayar,"imbuhnya.
Hal tersebut, sambung Nanang Affandi dengan acuan surat Edaran Dirjen Perjhubungan Laut No.21/VII/ DN/13 tentang bahaya cuaca ekstrem. Dimana kapal kalau tinggi lambung 3 meter dengan gelombangnya 3 meter dilarang berlayar kecuali diatas 3 meter.
"Saat ini, tinggi gelombang mencapai 4 meter,"tukasnya.
Akibat cuaca ekstrem dengan ketinggian hgelombang antara 3-4 meter, kata Nanang Affandi, kapal kayu antar pulau yang tertunda selama seminggu tak boleh berlayar sekitar 40 sampai 50 kapal dengan bersandar di Pelabuhan Rakyat (Pelra) Gresik.
"Sekarang, tidak ada kapal sama sekali yang ke Bawean,"pungkasnya.(sho)

0 komentar for "Pelayaran Gresik-Bawean masih Lumpuh"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama