BERITA HARI INI

PHE WMO Terima Penghargaan Peduli Lingkungan


GRESIK-Kepedulian lingkungan yang ditunjukkan anak perusahaan PT Pertamina, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO mendapat apresiasi dengan menerima penghargaan lingkungan hidup 2012 dalam kategori, pelaporan pengelolahan lingkungan hidup tahun 2012 kategori RKL-RPL dari Gubernur Jawa Timur.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jatim, Soekarwo, di acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jatim 2013 di
Lapangan Mini Segunting-Kompleks PT Semen Indonesia, Jum'at (05/07).
Selain PHE WMO, BUMN lain yang menerima penghargaan serupa adalah PT Semen Indonesia (persero) Tbk, (PTSI), PTPN XII dan perusahaan swasta PT Unilever Tbk, dan beberapa kabupaten/kota di Jatim
Senior Executive Vice President and General Manager PHE WMO, Bambang Kardono mengatakan, bahwa, penghargaan yang diterima merupakan apresiasi yang luar biasa perusahaannya yang tetap konsisten mengelolah lingkungan hidup.
"Ini (penghargaan) merupakan kerja keras semua karyawan sehingga PHE WMO mendapat penghargaan lingkungan hidup 2012," ujarnya seusai menerima penghargaan.
Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, bahwa, pembangunan lingkungan hidup menjadi isu sentral di Jawa Timur. Salah aspek penting yang dicermati adalah kualitas sungai dan air bersih yang dikonsumsi masyarakat.
"Berdasarkan penelitian Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton), pencemaran air dik Kali Surabuaya paling besar limbah domestik yang mencapai 55 persen,"ujarnya.
Dicontohkan, pembuangan sampah plastik, popok bayi, dan pembalut wanita. Termasuk air seni dari wanita.
Menariknya, kata Pakde Karwo, pembuangan air seni yang mengandung pil KB menjadi paling rentan. Sebab, 68 persen ikan di sungai yang seharusnya hidup menjadi jantan malah berubah menjadi betina karena kadar air sungai sudah tercemar.
"Contohnya Kali Surabaya yang mengalir dari Driyorejo Gresik menuju Surabaya. Mohon jangan minum air kali Surabaya tanpa di masak dulu. Nanti, bisa berubah jadi kemayu," paparnya yang disambut aplaus undangan yang hadir.
Sedangkan Daru Setyo Rini selaku Program Manager Ecoton Surabaya menyatakan hasil survey yang pernah dilakukan imbas tercemar limbah domestik air Kali Surabaya.
"Air seni dari wanita yang mengkonsumsi Pil KB , 30 persen masih mengadung estrogenik sintetis,"tegasnya.(sho)

0 komentar for "PHE WMO Terima Penghargaan Peduli Lingkungan"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama