BERITA HARI INI

Labfor Mabes Polri Tak Temukan Gas PT Smelting Ngowos


GRESIK-Kekhawatiran berbagai kalangan adanya pengalihan isu terkait kebocoran gas Sulfur Dioksida (SO2) yang menimpa warga Desa Roomo, Kecamatan Manyar, mendekati kenyataan.
Sebab, hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya menunjukkan pipa gas PT Smelting tidak bocor.
"Laporan sudah kami terima sepekan lalu. Hasil temuan Labfor Mabes Polri tidak menemukan titik gas yang bocor di pipa PT Smelting," ungkap Kasatreskrim Polres Gresik AKP M Nur Hidayat SIK, M.Si,Senin (29/07).
Hasil analisa Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya di perusahaan modal asing (PMA) yang berlokasi di Jalan Raya Roomo bukan hanya analisa TKP semata. Tetapi, didasarkan pada record dari gas detector milik PT Smelting yang terpasang hampir di setiap sudut.
"Kalau saya membaca laporannya, dalam catatan gas detector tersebut terekam jelas bila tidak terjadi kebocoran gas SO2 di PT Smelting. Hanya kami juga tidak tahu dari mana gasnya, karena analisanya hanya dilakukan di Smelting,"imbuhnya.
Kendati demikian, Kasat Reskrim AKP Muhammad Nur Hidayat menolak berspekulasi terkait asal kebocoran gas SO2 pada 7 Juli 2013 tersebut. Hanya, dia mengaku bila diminta Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya untuk mengirimkan surat pemeriksaan di PT Petrokimia Gresik (PKG). Bahkan, sudah dua kali surat dikirim, namun belum dapat jawaban.
"Dalam posisi ini, kami hanya melakukan administrasinya. Sedangkan tehnis pemeriksaan dilakukan Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya. Dan sampai sekarang belum dilakukan pemeriksaan di PKG," katanya.
Karena belum dapat jawaban, tim sempat meminta record gas detector milik PKG. Namun, lagi-lagi pihak manajemen PKG belum bisa memenuhi. Sebab, gas detector milik PKG masih manual. Artinya, semua dilakukan berdasarkan atas catatan.
Kasus kebocoran gas 502 memang rawan adanya pengalihan isu. Sebab, ada indikasi PKG yang dipersalahkan dan dibenturkan dengan masyarakat. Sementara, PMA dilindungi dan terbebas dari kewajiban membayar kompensasi dari kelalian yang dilakukan. Ujung-ujungnya, BUMN yang harus dikorbankan untuk membayar kompensasi.(sho)

0 komentar for "Labfor Mabes Polri Tak Temukan Gas PT Smelting Ngowos"

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama