BERITA HARI INI

Pelajar Gelar Opera, Peringati Sumpah Pemuda


GRESIK- Para pelajar di Gresik mempunyai cara sendiri dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda
Yakni menampilkan apera yang disuguhkan pada upacara hari Sumpah Pemuda, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gresik, Senin (28/10). 
Mereka menampilkan cerita Cakraningrat IV. Diceritakan, isteri dan keluarganya Bupati Gresik sempat diculik, namun akhirnya berhasil merebut kembali wilayahnya. Bahkan Bupati Gresik pada masa Pemerintahan  (1732-1748) yang bersinergi dengan penguasa Surabaya, penguasa Ponorogo serta bantuan Belanda berhasil memukul mundur pasukan Cakraningrat IV kembali ke Madura.
Dari kisah itu ternyata beberapa tempat di Gresik masuk dalam setting area cerita tersebut. Sebut saja Ngabetan (salah satu desa di Wilayah Cerme). Desa itu dulunya merupakan benteng pasukan dari Bupati Gresik Joyonegoro. Kemudian Benteng itu oleh Joyonegoro dipindah ke Sememi (Surabaya). Dari benteng yang ada di sememi tersebut, Pasukan Joyonegoro bergerak ke desa Gantang. Sedangkan Pasukan Cakraningrat yang berbasis di Desa Jambu bergerak sehingga terjadilah peperangan di Cerme Kidul. Dari peperangan itu, pasukan Joyonegoro berhasil memukul mundur pasukan Cakraningrat. Dan kembalilah Gresik direbut Pasukan Joyonegoro.
Dari keseluruhan plot cerita yang dimainkan begitu bagus. Hal ini juga ditunjang dengan busana dan make-up yang apik. Sehingga karakter para tokoh bisa dimainkan dengan apik oleh 20 pemain yang terdiri dari pelajar Gresik ini.
Atas sukses opera kolosal ini, Wakil Bupati Gresik menyatakan bagus. "opera ini bagus" ujar Qosim sambil menyalami Sri Wahyuni selaku Penulis dan juga bertindak sebagai piñata busana dan rias.
Menurut Sri Wahyuni, Naskah opera ini merupakan karyanya yang sengaja ditulis untuk fragmen pada acara Sumpah Pemuda. Selain itu, naskah ini dibuat untuk diikutkan dalam lomba penulisan sejarah local Jawa Timur yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur tahun 2013.(sho)

1 komentar for "Pelajar Gelar Opera, Peringati Sumpah Pemuda"

  1. Assalamu'alaikum wr wb...

    Salam kenal dan sukses selalu buat On-line Gresik.

    Dalam surat ini saya ingin berbagi sebagai rasa cinta saya kepada GRESIK dan masyarakatnya. Ternyata ada PEMUDA dari GRESIK yang mendunia sampai JERMAN.
    Saya ingin bersurat dan mungkin bisa dimuat dan menjadi inspirasi bagi kita semua pada umumnya dan PEMUDA dan REMAJA gresik pada khususnya. Membaca blog berikut ini, blog resmi dari ITS : http://www.its.ac.id/berita/13139/en, ingatan saya kembali ke masa 2007an. Saat itu saya kenal dengan seorang pemuda yang luarbiasa, namanya FITRULLAH di daerah Kebomas Gresik. Dia memiliki pribadi yang luar biasa, tulus ikhlas untuk membantu masyarakat, mulai petinggi Gresik, Sekda, dll sampai tukang becak, gelandangan dsb melalui kemampuan beliau yang luarbiasa dalam hal pengobatan, akupressur. Bahkan sayapun pernah diobatinya. Mata saya yang sering sakit, dengan sekali diterapi oleh Beliau langsung menjadi cerah dan esoknya keluar serbuk-serbuk halus seperti pasir. Kemudian setelah berikhtiar kemana-mana untuk mendapat momongan, atas ridho Allah melalui Beliau, setelah diterapi selama 1 bulanan, saya dan keluarga dikarunia momongan dan sekarang sudah 2 putra saya. Setelah pertemuan yang singkat itu, tiba-tiba dia menghilang. Dan tanggal 7 Februari 2014 kemarin saya baca di media ITS bahwa ada Pemuda dari Gresik bernama Fitrullah, lulusan ITS dan memang Beliau juga lulusan ITS, telah menciptakan herbal yang luarbiasa sampai menembus dunia pengobatan JERMAN dan sekarang posisinya di SEKAR KEDATON, GIRI, GRESIK. Apakah memang pemuda dalam media ITS itu memang Beliau ya? Semoga memang Beliau dan kalau melihat rekam jejaknya memang Beliau. Alhamdulillah semoga Sukses Selalu untuk Beliau dan ingin saya menemui Beliau.
    Semoga ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat GRESIK bahwa ada warganya yang mendunia sampai ke JERMAN dan mungkin media ini bisa berkesempatan bertemu Beliau.

    Wassalamu'alaikum wr wb

Leave a Reply

Posting Lebih Baru Posting Lama